Senangnya Menulis Buku

Pengalaman menulis buku buat saya seperti suatu tantangan tersendiri. Ternyata menulis buku itu tidak mudah! Makanya saya salut sekali pada banyak orang Indonesia yang telah menulis buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Bahkan, saya pernah membaca ada seorang anak yang duduk di bangku SD yang telah menerbitkan bukunya. Hebat!

Tapi terus terang, segala perasaan lelah, mati ide, atau penat mata memandangi komputer hilang saat menerima komentar-komentar positif dari pembaca buku saya tersebut. Contohnya yang baru saya terima di bawah ini dari Adhy Ganjar di Bandung.

Thanks Adhy buat komentarnya. Semangat saya bertambah lagi untuk menyelesaikan buku berikutnya.

Pak Togap, terima kasih bukunya sudah sampai.

Isinya sangat berguna untuk perkembangan karir saya. Saya kira isinya lebih banyak kalimat-kalimat motivasi umum yang sudah saya ketahui. Ternyata saya salah, bukunya bagus bahkan memberikan penjelasan detail.

Terus berkarya Pak!

Posted in buku. 8 Comments »

8 Responses to “Senangnya Menulis Buku”

  1. ace Says:

    Pak Togap terima kasih, bukunya sudah sampai.

    Isinya sangat membantu sekali karena sangat detail bagi saya, khususnya tentang cara menulis esai. Membuat saya ingin dan akan menulis buku/esai.Terimakasih banyak ya….

    Tetap semangat dan berkarya terus Pak!

  2. Rabbi Putracandra Says:

    salam kenal pak Togap. Saya Candra, mungkin akan lebih baik lagi bila bapak memberi tahu judul buku yang bapak tulis. maklum, waktu yang kita miliki sangat sempit untuk membaca semua buku yang kita minati.

    Sewaktu jalan-jalan ke toko buku, kita hanya mengunjungi beberapa rak buku saja (sesuai dengan kategori minat kita). Dan ini mengakibatkan kita tidak tahu ada buku lain yang bagus buat dibaca.

    maksud saya, kenapa gak sekalian dipromosiin judul buku baru bapak via internet ini.

    Moga sukses

  3. Nico Says:

    Bang Togap, terima kasih banyak utk kiriman bukunya(maaf, sdh lama sampai baru say thank you..ada maunya…:>). Sy blm familiar blogging, ini nyoba2 mdh2an bener.

    Bukunya inspiratif, bahasanya sharing bgt, tdk menggurui. Krn asli dari pengalaman nyata, jadi wkt dibaca terasa seperti pengalaman “klik” beruntun di otak sy.

    Semangat sy utk ngejar beasiswa blm begitu luntur, tp sdh mulai bertanya2 sepertinya ada yg kurang tepat dari usaha sy selama ini, tapi apa ya? Buku KMB memberi banyak jawabannya.

    Lalu tdk tll lama stlh bukunya sy miliki,sy apply bbrp beasiswa. Puji Tuhan ada 1 kemajuan. Salah satu aplikasi td lulus seleksi thp pertama dan dlm mengikuti tahap berikutnya sy sdh punya byk resources yg luar biasa berguna dari buku KMB salah satunya soal nulis esai.

    Dari buku KMB sendiri, milis beasiswa dan websitenya sy bisa menghimpun byk informasi berguna bagi sy sebagai pemula. Sudah lama file dr milis/website didownload, diprint di kantor🙂, & dibaca dikit2. Lalu waktunya tiba jg, ada sponsor2 buka seleksi (lagi). Pengalaman yang sama sekali berbeda. Memiliki resources yg menyangkut aspek2 dlm ngelamar beasiswa memang membawa hasil nyata. Entah apapun hasilnya nanti, dr pengalaman ini lagi2 apa yg Bang Togap bilang bener buat sy & mjd pelajaran. Kita perlu persiapan (menyangkut banyak sekali hal), perlu kesungguhan (ini kompetisi bukan undian), perlu kegigihan(be persistent, gagal itu hanya 1 soal), dan perlu banyak sikap lain yg tersirat di posting2 member komunitas beasiswa.

    Buku Bang Togap sudah memberi manfaat. Mungkin itu kira2 salah 1 sasaran bukunya terbit. Untuk itu sy berterima kasih juga atas prakarsa Bang Togap untuk membagikan hal2 yg berharga ini. Dimulai dari milis beasiswa sampai buku KMB dan karya2 berikutnya yg sy tunggu. Dalam pandangan iman sy, Bang Togap sdh menjadi saluran berkat dan karenanya menguatkan sy untuk mau begitu jg.

    Dan ini dia yg sy bilang di awal td. Sy ada maunya yg lain jg… Sy mohon Bang Togap bersedia membagi wkt utk mereview esai yg sdg sy tulis skrg. Maaf kl sy request lgsg dlm blog ini, soalnya bingung jg gimana cara nyampaikannya. Sy tdk tau almt emailnya, mau posting di milis jg aktivitasnya rame banget.
    Terus berkarya. Salam.

  4. liquqia Says:

    wah buku apa niii… ?maap udah lama gak buka2 nee… hihii… karangan mas togap ya…pasti bgs dehh…hihihi… harganya brp mas…?
    http://liqcorner.wordpress.com

  5. listy Says:

    makasi contoh esainya ! semangat terus berkarya ya !

  6. Ronny Siagian Says:

    Salam kenal Pak Togap,

    Saya cari-cari artikel tips menulis buku di google.
    Saya senang sekali karena menemukan Blog Pak Togap Siagian, kita sama-sama Siagian.
    Saya sedang mencoba-coba menulis buku.
    Sekarang sedang saya kerjakan “mengenai karier”.
    Bagi pengalaman Pak bagaimana menerbitkan buku.
    Dimana bisa dapat bukunya ? judulnya apa ?

  7. Herbet Says:

    Halo gap…

    gua baru baca lagi blog ini.
    btw buku apa yg sudah dibuat? boleh di share dong…

    thanks,
    Herbet

  8. Nizma Says:

    Boleh Tau Judul Buku Bang Togap????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: