Recommendation Letter

Catatan: Berikut adalah sharing seorang anggota milis beasiswa tentang recommendation letter. Pengalaman saya sendiri menuliskan recommendation letter untuk seorang teman kerja juga pernah saya posting di blog ini. Klik di sini untuk membacanya.

afifif@ indosat.net.id:

Recommendation letter atau juga disebut referrence adalah surat yang menerangkan mengenai kondisi anda. Surat tersebut adalah bukti formal mengenai kemampuan anda baik dibidang akademik dan kompetensi anda untuk bidang tertentu. Dalam kasus anda yang akan melanjutkan pendidikan, surat tersebut adalah bukti formal atau bukti tertulis mengenai kondisi kemampuan akademik dan intelegensi anda untuk melanjutkan pendidikan di tempat lain. Mengingat bahwa pihak universitas yang anda tuju ingin mengetahui apakah saudara cukup mampu untuk melanjutkan pendidikan di universitas tersebut, ada hal-hal yang bersifat non akademis yang akan menjadi pertimbangan mereka untuk menerima anda sebagai student dan biasanya hal-hal tersebut ditemukan dalam recommendation letter.

Dalam recommendation letter yang pernah saya dapat, pihak pemberi rekomendasi akan memberikan penilaian atas prestasi kita yang tidak ter-cover oleh nilai dalam transcript. Sebagai contoh anda punya pengalaman dalam menangani proyek tertentu dan berhasil atau juga kemampuan bahasa anda, atau kekuatan personality anda. Hal-hal tersebut tidak ada dalam nilai di ijazah atau transkrip, akan dituangkan dalam surat rekomendasi.

jadi pendapat saya, apa pun bidang yang anda tuju baik sciences or non sciences, mereka akan meminta surat tersebut.

4 Responses to “Recommendation Letter”

  1. Puji Rianto Says:

    Saya juga pernah mendapatkan rekomendasi semacam itu, langsung dari profesor di universitas yang kita tuju. Pada waktu itu, prof. yang saya minta recommendation letter-nya meminta semua hal yang pernah saya tulis. Untuk itu, saya scan sampul (sebagai bukti tulisan pernah dimuat di jurnal) tulisan-tulisan saya beserta soft copynya. Untungnya, prof tersebut menguasai bahasa Indonesia dengan baik jadi dapat memahami semua tulisan yang pernah saya publikasikan. Namun, jika tidak, maka membuat abstraksi dalam bentuk bahasa Inggris dapat menjadi alternatif.

  2. kiki Says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    mas togap, dan teman-teman lainnya.. terima kasih sudah men-sharing segala pengetahuan dan pengalamannya.
    kebetulan saya lulus seleksi internal dari kampus untuk menerima beasiswa ADS, yang ingin saya tanyakan untuk seleksi selanjutnya apa saja?? dan berapa tahap lagi saya harus mengikuti tes seleksi sampai saya benar-benar menerima beasiswa tersebut? dan untuk surat rekomendasi, berapa surat rekomendasi yang harus saya minta, apakah dibatasi misalnya untuk 2 pemberi rekomendasi atau lebih?. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih. wassalamu’alaikum

  3. marytha Says:

    apakah program beasiswa ini hanya untuk anak kuliahan saja?apa program seasiswa ini boleh untuk anak sma?lalu,bagaiman caranya kita untuk meng-apply agar kita bisa dapat beasiswa ini?

  4. gustin Says:

    salam,

    ada tidak ya beasiswa dari diploma III ke s1 mhon bantuannya ??? thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: