Pengalaman Wawancara Beasiswa Chevening (Inggris)

Seperti janji saya sebelumnya, saya akan menampilkan pengalaman beberapa orang tentang wawancara beasiswa (lihat beberapa posting sebelumnya). Kali ini saya tampilkan pengalaman Erny Murniasih, seorang pemenang beasiswa Chevening, dalam menghadapi wawancara. Semoga menjadi masukan yang berguna buat yang sedang mengejar beasiswa ini.

Kebetulan saat ini saya dapat beasiswa Chevening dan sekarang sedang studi di Birmingham. Kebetulan sekali baru pertama kali apply chevening dan langsung lolos. Berdasarkan pengalaman saya waktu apply Chevening, pada waktu wawancara kita harus bisa ‘menjual’ diri. Kita harus bisa meyakinkan para pemberi beasiswa kalo kita memang benar2 berkompeten dan mereka akan rugi kalo ngga memilih kita. Intinya, saya mah sangat confident dan benar2 meyakinkan mereka untuk memilih saya.

Tips yang mungkin bisa diterapkan:

  1. Visi dan misi kita untuk mendapatkan beasiswa harus jelas dan terstruktur sehingga waktu interview mereka akan melihat kalo kita well-prepared.
  2. Searching tentang bidang studi yang kita minati plus universitasnya. Bahkan kalo perlu cari sampai kita mendapatkan kurikulum dari bidang studi yang akan kita ambil. Waktu saya interview Chevening, saya sudah siap dengan University yang akan saya pilih sampai ke kurikulumnya.
  3. Jangan lupa ceritakan tentang kontribusi dan achievement yang pernah diperoleh based on pengalaman kita (di pekerjaan, misalnya). Dari situ kita bisa memberikan persepsi ke mereka kalo kita memiliki kompetensi secara profesionalisme. Dan kalo mereka ngga milih kita, mereka akan rugi.
  4. But most of all.. doa dan restu dari orang tua juga faktor yang memberikan kemudahan bagi kita untuk mendapatkan apa yang kita cita2kan..

Well, mungkin simple yach.. tapi saya sudah mencoba step2 itu.. Alhamdulillah saya bisa dapatkan beasiswa Chevening ini. Semoga teman-teman lain yang sedang berusaha apply beasiswa jadi tambah bersemangat yach..

Jangan pernah menyerah.. ‘whenever there’s a will, there’s a way‘..

Cheers
Neny

11 Responses to “Pengalaman Wawancara Beasiswa Chevening (Inggris)”

  1. adi Says:

    saran untuk pengelola:
    agar blog ini ada halaman tentang daftar penyedia beasiswa, link ke universitas2 dan jurusan2 yang menyediakan beasiswa dari berbagai dispilin seperti ; sosial, politik, lingkungan, dsb. WAh bakalan mangkin mantap neh blog…

  2. Rina Says:

    Saran :

    Kalo bisa gambaran secara detail untuk isi wawancara, contohnya.

    Sangat setuju dengan comment sblmnya adanya daftar penyedia beasiswa

  3. yokel Says:

    iya…mbok ya….dibuat link link university yang nyediain universitas ^^
    cari enaknya ndiri ya…

  4. bhayangkara Says:

    wah mbak huebat tenan sampe bisa bisa masuk millis beasiswa..keren…n thanks atas bimbingannya selama ini…mudah-mudahan S3 nya bisa lancar……

  5. ariyanto Says:

    Dear Mr. Togap…
    Tolong dong, kalau bisa tambahin lagi yang banyak tentang pengalaman teman2 yang sudah pernah diwawancarai pihak scholarship. Soalnya saat ini saya juga lagi kirim aplikasi ke salah satu foundation untuk apply beasiswa itu. Misalnya aplikasi saya diterima, saya ingin tahu tips mereka dalam menghadapi interview para jurinya. thanks yaa…

  6. ariyanto Says:

    Dear Mr. Togap…
    Tolong dong, ditambahi lagi mengenai pengalaman teman2 yang menerima beasiswa dalam menghadapi interview para jurinya. Soalnya saat ini saya juga sedang apply ke salah satu foundation. Mudah2an aja aplikasi saya diterima, dan saya bisa menghadapi tes wawancara. Supaya saya mendapat bayangan gimana menghadapi para juri ini. thank ya….

  7. christanto Says:

    ya setuju…
    gmn kalo dishare jenis2 pertanyaanya…
    nuhun

  8. Izal Says:

    MR. Togap,
    sya kan ank SMA yg baru aj UN, mw lulus bln dpan, knpa sih susah bgt nemuin beasiswa ke luar ngri utk ank yg bru lulus SMA?
    Truss rncananya klo saya ngmbil S1 d Indnsia saya mau ngmbil 2 jrusan, teknik dan sastra Inggris.. kira2 dgn ngmbil sastra inggris juga bsa ngbantu nyiapin n ngjamin beasiswa chevening buat S2 gak?

  9. febyana Says:

    maaf, bisa ngasih info yang ditanyakan apa saja di wawancara? terima kasih

  10. Anak Kampus Says:

    Bisa lebih detail lagi apa saja point-point yang di tanyakan????? thank you.

  11. Fabyolla Says:

    Sorry, apa bisa di kirim isi dari interview beasiswa Chevening periode kemarin???? thx before.


Leave a Reply

