Pengalaman Wawancara Beasiswa ADS (Australia)

Pengalaman yang dituliskan di bawah diceritakan oleh Sony, salah seorang member milis beasiswa, dalam menghadapi wawancara beasiswa ADS.

Mengenai wawancara ADS, biasanya akan diwawancarai oleh 2 orang, 1 dari Australia dan 1 dari Indonesia. Wawancaranya nggak terlalu lama antara 10-20 menitan, tergantung kondisi saat wawancara. Isi wawancara yang pertama adalah verifikasi form yang sudah dikirim, kemudian yang paling penting akan ditanya mengenai motivasi dan kontribusi jika kamu dapat beasiswa dan lulus dari Uni di Ausi untuk Institusi dan Indonesia.

Lalu yang juga harus dipersiapkan adalah program studi yang kamu pilih. Saran saya mulai menetapkan pilihan dan browsing di internet untuk mengetahui isi dari program studi ini. Kalau bisa di print dan dibawa pada saat wawancara untuk meyakinkan pewawancara bahwa kamu serius. Karena juga yang akan dilihat oleh si pewawancara adalah keseriusan. Kamu harus meyakinkan pewawancara bahwa kamu siap dan akan bisa menyelesaikan program beasiswanya.

61 Responses to “Pengalaman Wawancara Beasiswa ADS (Australia)”

  1. bayu dardias Says:

    Kesan lain yang saya dapatkan dalam beasiswa ADS adalah current issues dan kedua jadikan pewawancara mengikuti alur argumen kita. Strategi ini saya dapatkan ketika wawancara ADS 2006 dan Alhamdulillah lolos. Kebetulan bidang saya adalah political science, jadi current issues menjadi hal yang sangat penting. Kita harus mampu menjelaskan bidang atau fokus kajian yang kita pilih dengan current issues dan future issues. Kedua hal tersebut akan menambah poin kita di wawancara.
    Kedua, ketika kita mampu “menggiring” pewawancara ke dalam argumen dan isu yang kita bangun, kita akan mendapatkan diri kita lebih smart dari pewawancara karena kita memang berkonstentrasi di isu tersebut. Interviewer hanya mengetahui isu-isu umum saja karena kemungkinan besar basis dicipline mereka berbeda dengan kita. Hal ini akan menambah modal untuk meyakinkan mereka. Semoga berhasil

  2. kristianus oktriono Says:

    Salam sejahtera untuk Mas Sony dan Mas Bayu.
    Perkenalkan, nama saya Kristian,seorang guru les di Grogol. Saya jg sedang mcr info ttg beasiswa di Aussie. Ijinkan saya bertanya beberapa hal:
    1. Apakah program ADS itu? Siapa saja yang berkesempatan utk ikut program ADS?
    2. Apakah keuntungan ikut dari ADS scholarship?
    3. Kendala apa yang sering ditemui saat wawancara?
    4.Saya tdk begitu lancar komunikasi dgn bhs inggris. Apakah saat wawancara dgn interviewer dr aussie,wajib berbahasa inggris?
    5. Bgmn kiat2 dlm mengatasi wawancara,khusunya buat sy ini mrpkn kesempatan pertama.?

    Sebelumnya,saya berterima kasih atas kesediaan dan perhatian dari Mas-mas sekalian. Untuk korespondensi,saya ingin berkenalan dgn mas-mas sekalian karena itu saya mempunyai nomor ponsel untuk komunikasi lebih lanjut di nomor 0813 8028-2373.

    Terima kasih atas bantuan dan balasan Mas sekalian.

    Salam hangat

    Kristian

  3. Ira Says:

    Info tentang ADS bisa diliat di http://www.adsjakarta.or.id
    Kebetulan saya jg tertarik untuk melanjutkan s2 melalui program ADS

  4. Rio Says:

    Hello….buddy
    Formulirnya ada 14 lembar ya. sdh ada yg pada ngisi belom?
    Mbak Ira, rcn ambil jurusan ap?
    Kl mau ambil sektor education dan training, universitas mn yg fasilitasnya mendukung dan banyak diminati oleh pelajar dari Indonesia?
    Many thanks

  5. Ira Says:

    Saya siy rencana mo nerusin IT/Computer Science…klo detail soal universitas coba cek ke web site http://www.australianscholarships.gov.au/ atau http://www.ausaid.gov.au/
    di aussie ada namanya group of 8..group uni2 top di aussie gt http://www.go8.edu.au/
    atau liat ranking Uni di http://www.australian-universities.com/rankings/

    Oh ya…saya mau nanya niy.. sbenernya jawaban yg diharapkan untuk pertanyaan seperti “motivasi dan kontribusi jika kamu dapat beasiswa dan lulus dari Uni di Ausi untuk Institusi dan Indonesia”..krn saya takut memberi jawaban yg terlalu “omong kosong” atau cliche

  6. tina Says:

    Salam kenal!
    Saya baru baru ini aja liat millis ini.Tahun 2006 saya nyoba ikut beasiswa aps dan ads.dpt panggilan interview tuk aps.Sayangnya waktu itu sy bener2 not wellprepared.So,gagal deh.Sekarang mau nyoba lagi.Tp kali ini mau bener2 deh.Thanx 2 u gusy,jad semangat nih stlh baca millis ini.Cuma rada bingung,mu cari info bidang study sama kurikulumnya ko susah ya? (rada gaptek sih).dah nyoba k situs yg di reffers ads tuk nyari info itu,yp adanya hanya daftar uni n stuff.gak ada uraian bid study or kurikulumnya.So,what should I do dong? Please help me 4 more info ya.
    Million thank u!

  7. Ira Says:

    Klo mo tau detail soal curriculum ama course structure biasanya di website universitas nya ada…malah biasanya ada penjelasan dari tiap mata kuliah nya…website universitas bisa cari di google…

  8. tyas Says:

    saya juga pingin kuliah di aussie, beberapa dosen saya lulusan sana (ANU), mereka menyarankan saya kesana aja, terutama jurusan antropologi, karna saya dari antropologi, ugm. saya baru lulus mei kemarin. mohon bagi2 info terbaru tentang ads ya temen-temen semua. semoga kita berhasil… amien. salam kenal untuk smuanya dari tyas di:
    godongz@yahoo.co.id
    makasih lagi ya smuanya, gudluck!

  9. ARUM Says:

    saya sedang menyiapkan lamaran Beasiswa ADS. setelah membaca pengalaman teman2 semua, memang persiapan itu penting sekali, terutama rasional dari bidang studi yang kita pilih, dan pengetahuan kita ttg program tsb (kalo perlu isi dari pogram tsb di print out, spt kata Mas Sony diatas..)

    salah program studi yang ditawarkan ADS adalah ‘civil society’, namun saya sudah browsing (sampe bete) ke situs2 university yang ada di Aussie, tidak ada yang memiliki program tsb. saya pikir tidak mungkin kan ADS menawarkan program yang tidak ada. ada yang bisa bantu saya gak?

    Terima kasih

  10. rizal Says:

    Setelah saya baca saya mulai coba membranikan diri bwat nyari2 beaiswa,, cuma ada kendala mengenai kemampuan bahasa,,
    Saya kurang bia berbahasa inggris yang baik,selain itu vocab saya jg minim banget kira2,,solusinya apa ya? sedangkan saya pengen di 2008 nanti bisa ikut test beasiswa

  11. Ira Says:

    Hi semua…
    ada yg bisa bantu saya ga?
    saya kok dapet info yg agak rancu dari IDP officer(orang nya ga terlalu ramah)…saya wkt itu dateng ke kantor IDP untuk legalisir dokumen, trs saya tanya, just to confirm, ” Pak..menurut handbook ADS manual yg saya download, kita di sarankan daftar ke universitas pilihan klo sudah masuk shortlist..” tp si officer itu bilang klo kita cuma boleh daftar ke universitas yg ada di placement info yg ada di website ADS… apa benar begitu? karena saya mau apply ke QUT dan sudah berkoresponden dgn staff pengajar disana, tapi QUT tidak ada di list placement info intake 2nd semester 2007…tapi menurut ADS manual…applicants can apply to any institution…mana yg harus dipercaya dong?

  12. Bayu Dardias Says:

    Setahu saya, beasiswa ADS tidak diberikan untuk seluruh Institusi dan seluruh postgraduate courses. Ada beberapa program yang tidak dapat diambil melalui skema ADS. Salah satunya adalah program dual degree yang ditawarkan di beberapa uni, dugaan saya biayanya terlalu mahal (misalnya MPP dan Diplomasi di ANU). Tahun 2006 lalu ADS memberikan CD yang berisi rangkuman pilihan courses dan uni. CD ini diberikan kepada pelamar yang telah melewati seleksi berkas.
    Jangan terlalu khawatir dengan pilihan course karena masih ada kesempatan untuk berubah setelah diterima (course bukan field), apalagi jika diperkuat dengan surat lembaga. ADS officer sangat helpful untuk urusan study kita. Selamat berjuang.

  13. dede Says:

    Tanggal wawan cara ads biasanya tanggal berapa sih. Koko sampai sekarang saya belum dapat pengumumannya

    thank

  14. ime Says:

    dede,

    jadwal wawancara ADS untuk daerah jakarta itu tanggal 23 Januari 2008 di IALF Jakarta. Kemarin saya baru dapat surat panggilan tes IELTS dan interviewnya. Mungkin surat panggilan untuk kamu belum sampai. Sukses ya

  15. ian Says:

    Ime,

    Apakah info tentang lulus enggaknya shortlisted itu dikasih tahu lewat email atau langsung di kasih lewat pos??
    Thx B4

  16. iniime Says:

    saya tidak mendapat info via imel tuh, ian. Saya langsung dikirimi surat konfirmasinya via pos plus dengan CD info soal universitas-universitas di aussie.

  17. ian Says:

    tanya lagi,

    apakah yang masuk shortlisting harus mengirimkan formulir IELTS tes yang disitusnya terakhir tgl 7 Des 2007? Mba ime tinggal di jakarta kan, dapat kabar dari ADS tanggal berapa?

    Thx B4,,

  18. ime Says:

    iyaaa…tapi untuk yang pernah tes IELTS sepertinya tidak usah apalagi kalo yang nilainya sudah lebih dari 6 tuh….saya dapat kiriman posnya itu tanggal 22 kemarin…iya, saya di Jakarta.

    U’re welcome

  19. roel Says:

    hi,
    deadline balikin form 7 des or 7 jan?
    regards

  20. go_oz Says:

    Halo semua…
    Sampe sekarang saya belum dapat surat panggilan wawancara ADS.. mungkin belum rejekinya.
    Tapi makasih ya atas semangat n info dari mbak dan mas semua.. walaupun belum dapat ADS saya gak akan nyerah.

    Kejar terus sampai dapat plus berdoa

    Sukses buat mbak n mas semua

  21. cici Says:

    Teman-teman seperjuangan,

    Mau tanya nih tentang ADS. Ada yang tau gak, yang tidak terpanggil buat wawancara dapat suratnya tanggal berapa?

    Best regards

  22. teteh Says:

    Halo semua, ada yang udah dapat surat panggilan asal Bandung? Terima tanggal berapa surat nya?

    Tq

  23. irma Says:

    halo…
    saya freshgraduate t.sipil. mw tanya klo form ADS yg baru biasanya keluar bln apa ya??sy cek ke web ADS, tp blm ada yg bru.trs biasany apa aj yg dbtuhin bwt apply??

    sy mau ikut yg 2008. tp msh prepare bwt ielts, soalnya sy br lls nih.
    kira2 ada ksmptan g y??kok sy pesimis bwt ikt.

    thanks

  24. icha Says:

    dear All…
    Alhamdulillah sy dapat panggilan interview ADS, tp sampe skrg fill redy nya blm dpt…pucing banget…univ n prog studynya sdh dpt, tp blm yakin ma english ku…interviewnya full english ya?? truz “list of publication riset or non publication riset” bt yg apply by riset itu maksudnya apa ya? apa wajib dibawa pas interview?
    mohon infonya..
    tengkyu bFore _,,(^_^),,_

  25. novi Says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Mau tanya nih, apakah ADS memberikan beasiswa untuk bidang studi science, rencananyan saya akan mengambil medical biscience ?
    Mohon infonya cara untuk membuat CV dalam bahasa inggris untuk di apply kesana….terus tips saat wawancara…
    mohon infonya….ya saya butuh banget, makasih…
    Wassalamualaikum wr.wb

  26. novi Says:

    Assalamualaikum.wr.wb
    Mau nanya lagi,ipk saya 3,3 tapi ada satu mata kuliah yang nilainya d, itu bakalan mempengaruhi penilaian ADS enggak ? mohon jawabannya…..
    Wassalamualaikum wr.wb

  27. zoenyha Says:

    alo bang togap. aku pernah daftar ADS tapi dah gagal di aplikasi. gmn sih cara ngisi formulirnya yang kira2 bisa jadi pertimbangan

  28. mossy Says:

    allo bang togap,
    saya mossy…saya baru di milis ini…mau tanya gimana tips-tips bisa menang ADS, masalahnya IP saya kecil bang..
    terimakasih sebelumnya

    -mossy

  29. Tina Says:

    Saya seorang CPNS (guru).Pertama kali saya coba applied beasiswa adalah APS,waktu itu saya mendapat panggilan. Tapi sprtinya sy blm brhasil di interviewnya,kalo test IELTS saya mendapat nilai 6.Selanjutnya 2 kali saya applied beasiswa ADS,tapi sekali pun belum pernah mendapat panggilan.Tahun ini saya ingin mencoba lagi.Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan dalam pengisian aplication form:
    ·Dalam point 14.b. dengan status saya sbg CPNS siapa yang harus mengisi ya? Sebelumnya saya isi dengan persetujuan dari kepala sekolah dan kepala dinas,tapi saya bahkan tidak mendapat panggilan.Apakah saya tetap harus meminta persetujuan BKLN? Bagaimana caranya?
    ·Halaman 4 mengenai academic awards; apakah Prestasi ketika di SMA bisa saya masukkan? Dan apakah Fotocopy piagamnya juga harus saya sertakan?
    ·Point 9b. Future Employment: Apakah harus tetap di institusi tempat kerja saya sekarang?
    ·Kalau boleh saya ingin minta no telp./hp yang bisa saya hubungi untuk informasi ADS selengkapnya,terutama mengenai pengisian form aplikasi.please,bang Togap atau mbak Ira? saya sdh coba hub ADS officer tapi kok kurang helpfull gitu (maaf ya…)
    Nah kalau blh tlg hub sy via e mail ya: tinaesti2005@yahoo.com.(Please? I’ll be very gratefull :))
    Saya tunggu jawabannya A.S.A.P ya, Thanx a million !
    Sincerely Yours
    -Tina-

  30. afifah Says:

    saya baru akan mencoba scholarship ADS untuk pertama kalinya, tapi saya ragu karena filed of study yang ingin saya pilih tidak berhubungan dengan pendidikan S1 saya dan latar belakang pekerjaan saya, apakah ada kemungkinan dishortlist ? apakah tips-tipsnya untuk meyakinkan relevansi field of study yang kita minati tersebut?

  31. ika cutey-aceh Says:

    asw..
    slam , sy adl fresgraduate..
    utk ADS/APS kan da tes IELTS nya, dmn dan brp ya? krn d aceh spti nya yg ada baru TOEFL test… sy bru aja browsing ADS tp bnyk hal dlm pngisian yg sy krg fahami…

    buat mas/mba yg uda prnh pny pnglman , gmn tips agr yg ada form itu bsa lu2s seleksi…
    tx info.nya
    bsa d kirim via my email :pg_ika@yahoo.co.id

  32. AZHARI Says:

    Assalammualaikum Wr.Wb.

    Saya seorang anak aceh (lhokseumawe) yang baru aja lulus kuliah n berencana mo ngelanjutin s2..Tolong kabarin donk kalo ada beasiswa n kepada kakak2 yang dah ada pengalaman kasi tau lah gimana tips2 agar bisa lulus seleksinya..

    Thank U So Much,Friends..
    Informasinya bisa dikirim ke email :aa_chatya@yahoo.co.id

  33. ahmad Says:

    Hai semua, saya salah satu penerima beasiswa ADS, dan saya baru saja lulus CPNS guru di SMA. mohon infonya, bagaimana cara dan langkah-langkah pengurusan izin belajar bagi seorang guru CPNS (belum PNS penuh) ????
    mohon informasinya… terima kasih…

  34. wondho Says:

    hi, saya mau nanya mas, saya mahasiswa universitas sriwijaya semester akhir, saya nanti masuk ke kategori apaan, publik, open atau targeted? terus mas, kita apply ads dulu baru apply ke universitas yach? mohon bimbingannya, maklum masih lugu, hehehehehe. trims

  35. rahma Says:

    wah… thank buangettzzz!!
    tuh pengetahuan yang paling berharga.
    doain yah… biar bisa sukses wawancaranya!!!

  36. Rani Says:

    aku pengen naya soal ADS ne…aku kan rencana pengen apply S2..salah satu dokumen yg diperlukan kan salah satunya adalah proposal penelitian..nah kira2 proposal penelitian itu terkait sama thesis kita nanti atau boleh pake proposal penelitian skripsi?thx ya….

  37. linda Says:

    halo mas. saya sekarang bekerja di rumah sakit. tapi saya ingin dapat beasiswa untuk kuliah di bagian perhotelan di australia. apa beasiswa spti itu ada? dan apa saya bisa mendapatkan beasiswa tsb?
    tolong di berikan solusinya. thx bgt.Gbu

  38. Rima Yuwana Says:

    haloo…^^
    saya baru ni bergabung di milis ini.., saya baru kirim aplikasi ADS.., bagi info dunk soal ADS, soal interviu nya.., pake bhs inggris kah? terus kalo kita uda pernah ielts, brarti ntar kita gak pake di tes lagi ya?? makasi ya…

  39. lia Says:

    mohon informasi ttg aplicant ADS kategori targetted, bgmn agar saya bisa masuk targetted ya? saya PNS, siapa yang harus saya hubungi terlebih dahulu?

  40. Olive Says:

    Halo semuanya =) Salam kenal..
    Saya tertarik dgn milis ini..
    Dua tahun lalu saya pernah coba ikut mengajukan beasiswa ADS tp gagal di aplikasi. Sebenarnya, bagaimana sih cara mengisi bagian “kontribusi utk institusi di Indo jika kita mendapatkan beasiswa tsb.” Saya bingung bagaimana menjelaskan supaya terkesan kuat dan convincing. Mungkin mas Bayu , Mas Sony ato temen2 yang lain punya saran untuk dibagikan. Terima kasih sebelumnya..

  41. rista Says:

    haloo semuanya🙂
    mohon share infonya
    ,sy baru lulus s1, yg ingin sy tanyakan bisa gak saya ikut aplikasi ADS, tapi ingin melanjutkan S2 dengan disiplin ilmu yang beda dari S1, sya lulus s1 prtanian, ingin meneruskan s2 untuk master of business,
    regards..

  42. Nada Ayuanda Says:

    @rista: lebih baik jurusan yg diambil sama dengan jurusan S1. jd lbh meyakinkan. dan tekankan jika km dapat beasiswa ini km bisa kasih kontribusi untuk indonesia bukan untuk memajukan karir pribadi.
    ak juga masih proses niy, mudah2an lolos di tahap 2.😉

    • rista Says:

      @nada : amiiiin🙂 ,km apply bwad yang 2011 ini yaa? pndaftarannya biasanya dibuka kapan? kaloo ga salah, juni ya?? boleh tawu ngambil apa? thanks

  43. roza Says:

    hallo, salam kenal, sy roza. rncn mw cb ikut ADS thn ini untuk s2, tp lg preparing nh. mw nanya, proposal penelitian nya ngikutin acuan yg dr ADS itu y? trs klo seandainya diterima, bsr beasiswanya per bln yg kt dpt brp? kr2 ckp ga ya klo bw 1 anak n 1 org tua? gambaran rincian pengeluaran per bln nya gmn? mohon infonya,, thx b4

  44. Aish Says:

    Hi semua,,, aku dari NTT. Doakan aku yaaa… biar bisa dikasih kesempatan u/ mendapatkan beasiswa ADS tahun ini…..

  45. andriy Says:

    hallo , saya andre dr Flores, NTT. CPNS S1 guru bahasa Jerman sekarang ini. Saya masih awam soal ADS. Ada yang punya solusi soal TOEFL? I took TOEL Test in 2009 and handbook said the result should be issued between 2010 – 2011. any suggestions?

    regards from island of flowers

    andre.nadi@gmail.com

  46. Wahyu Hidayat Says:

    Halo, saya Wahyu dari Batam.
    Rncana tahun ini, untuk prtama kalinya, mo ikutan beasiswa ADS. Untuk 2011 bukanya bulan brpa ya? Dan tolong share cara/trik pengisian aplication form. Tx b4

    • Muliadi Says:

      Hi, Wahyu….kebetulan aku ADS awardee tahun 2010…tiap tahun sama kok, setiap bulan Juni. di webnya sudah mulai ada brosurnya…tinggal tunggu Juni, untuk bisa download formulirnya..gudluck ya…

      • aa arif Says:

        mas Mulyadi saya arif, salam kenal , saya mau daftar beasiswa AAS thn 2016 ini, karena periode 2015 uda lewat. saya baru sja lulus s2 di sebuah universitas swasta di jogja, saya ingin kuliah lagi dgn beasiswa AAS ini, tp saya ingin ambil tingkat master lagi dgn field yg sama tp beda konsentrasi. pertanyaannya, apa bisa pihak AAS masih mau mmberiika beasswa kepada saya kalo sya sudah pernah s2, jujur saja saya blm berani lanjut ke jenjang s3 krena penglaman riset saya masih kurang. secara, kuliah luar negeri sngt ketat sitem akademiknya. apalgi tingkat doktoral. sy masih fresh graduate dn berasal dr Timur indonesia. sapakah saya harus menyembunyikan status pendidikan terhir saya? sedngkan bnyk nilai ples yg nanti memberikan poin tmbhan di CV saya pada level magister saya. pikiran saya kalo saya brkuliah di luar negeri kedepannya saya punya modal dr segi akademik untuk lanjut ke s3 tanpa ragu dgn kemampuan saya kelak. mohon responnya mas Mulyadi.

  47. syahrial faizal riza Says:

    hallo ms.. saya pingin ambil beasiswa S2 tapi ip saya tidak mencukupi di bawah tiga dan saya sekaran bekerja sebagai tenga sosial untuk bisa mengambil S2 bisa tidak ya saya mendaftar untuk S2 . thanks mas atas waktu dan keteranganngannya saya hargai
    riza

    • tifani Says:

      halo syahrial, menurut panduan yg pernah saya baca di k*skus sih IPK dibawah 3 let say 2.7 yah itu bisa kok untuk ambil beasiswa ADS ini, karena yg mereka utamakan bukan IPK dan kepintaran anda tapi sejauh mana anda menguasai bidang studi yg mau anda ambil itu, dan seberapa besar nantinya kontribusi anda untuk INdonesia stlh plg dari menuntut ilmu di aussie gitu sih. Soalnya katanya ada yg pernah lolos meski ipk dibawah 3.

      • aa arif Says:

        hello Mb Fani. saya arif, salam kenal , saya mau daftar beasiswa AAS thn 2016 ini, karena periode 2015 uda lewat. saya baru sja lulus s2 di sebuah universitas swasta di jogja, saya ingin kuliah lagi dgn beasiswa AAS ini, tp saya ingin ambil tingkat master lagi dgn field yg sama tp beda konsentrasi. pertanyaannya, apa bisa pihak AAS masih mau mmberiika beasswa kepada saya kalo sya sudah pernah s2, jujur saja saya blm berani lanjut ke jenjang s3 krena penglaman riset saya masih kurang. secara, kuliah luar negeri sngt ketat sitem akademiknya. apalgi tingkat doktoral. sy masih fresh graduate dn berasal dr Timur indonesia. sapakah saya harus menyembunyikan status pendidikan terhir saya? sedngkan bnyk nilai ples yg nanti memberikan poin tmbhan di CV saya pada level magister saya. pikiran saya kalo saya brkuliah di luar negeri kedepannya saya punya modal dr segi akademik untuk lanjut ke s3 tanpa ragu dgn kemampuan saya kelak. mohon responnya mba Fani.

  48. tifani Says:

    sekalian mau tanya yah, saya kan mau coba ambil ads untuk 2012 yah, tapi agak bingung nih untuk dokumen2nya, akte lahir itu perlu ngga sih misal untuk buat pasport?soalnya nama di akte lahir sama ijasah beda, apa perlu revisi akte lahir?
    terus tesnya selain wawancara, perlu GMAT/GRE test ngga sih?

    • safawoyla Says:

      hi tifani…
      kok bisa beda ya antara akte lahir dgn ijazah??? sebaiknya hrs diurus segera. Memang rada aneh sistem administrasi kependudukan negara kita ini.
      rgrd
      safa.woyla

  49. lise maitner Says:

    salam kenal….
    aku lise,aku mau nyoba ads u/ periode 2012.
    waktu aku ke kedutaannya,dikasi tau klw penerimaan ads ada bulan 2 dan bulan 6, benar ga ya??
    trus u/ test toefl atau ielts nya kita pribadi apa dari ads nya tar??
    u/ program S2 teknik meterial atau metalurgi ada yang tau ga info universitasnya.
    dan 1 lg, apakah kita harus mempersiapkan proposal penelitian yang akan dilakukan u/ mengambil program s2 teknik atau science.
    makasih…

  50. Lina Says:

    Hallo… salam kenal… nama saya Lina… apply beassw ADS taun ini… mo nanya, apakah sdh ada yg dpt surat bt interview nya?

    thx b4….

  51. nday Says:

    hallo, salam kenal..
    menarik bgt tips2nya,
    mau tanya jg kira2 surat interview itu datangnya sekitar kapan ya?
    trus kalo yg ga dpt panggilan interview apa diberitahu melalui surat/email jg ga?
    saya juga apply ADS taun ini,
    gudlaak ya semuanya🙂

  52. adamay Says:

    Halo..saya juga apply ADS tahun ini…apakah hanya shortlisted kandidat yang dikasih pemberitahuan, ataukah semua pelamar mendapatkan pemberitahuan apakah mereka lolos ke tahap selanjutnya atau tidak? semangad dan sukses untuk semuanya ya…🙂

  53. Eroy p Says:

    Halo salam kenal semua,saya juga apply beasiswa ADS thn ni,lg nunggu msk shortlisted atau tidak,yang pasti info yg sy dpt dr phk ADS baik via telp ato email,surat pemberitahuan tsb sdh dkrm,buat yg shortlisted minggu lalu,n yg unshortlisted menyusul,pemberitahuan tsb hanya melalui surat,apabila smpai akhr des blm terima,bs mhbngi pihak ADS,so good luck bg qta smua,God Bless

  54. bani Says:

    hmm…
    just call me bani
    snang bs ikut gbung di milis ini…
    mhon bantuannya yaa kk” untuk menjelaskan alur dari mulai meng-apply smpai bs duduk di bangku univ di ausie…
    soal test ielts,,,lbh baik tgu pngumuman dulu apa persiapkan tes ielts nya dlu??
    tips and trik ya kk😀
    mhon bantuannya…
    makasih yaaaa kk”
    tlong qrimkan infonya k
    annisa_takenalelah@yahoo.com

  55. tamra Says:

    Hi salam kenal. saya tamra. senang bisa kenal dgn teman2 seperjuangan nich u beasiswa. aq da beberp kali daftar pertama sempat ikut wawancara tp blum rejeki, berikut daftar lagi blum dapat lagi u shortlisted bahkan informasi kl tidak lulus jg tidak ada yang sampai ke saya padahl biasanya ada n teman2 jg nerima, ada yg tahu nggak kira2 masalahnya di mana? kececer, tidak sampai atau ditolak berkasnya sebelum dibuka krn dianggap da berkali2 daftar? makasih sebelumnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: