Pengalaman Wawancara Beasiswa Stuned (Belanda)

Wawancara beasiswa Stuned dapat dilakukan via telepon ataupun langsung bertatap muka. Kedua pengalaman yang berbeda ini diceritakan di bawah oleh Maria T. Ping dan Lia. Keduanya pemenang beasiswa Stuned tahun 2006 dan kebetulan sama-sama studi Groningen.

Maria T. Ping:

Saya salah seorang StuNeder 2006, mungkin bisa sedikit berbagi pengalaman. Karena saya tinggal di kota yang sangat jauh dari Jakarta, saya di interview melalui telepon oleh pihak NEC. Interviewnya tentu saja dalam bahasa Inggris, dan menurut pihak NEC, hal ini juga menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan kandidat penerima beasiswa.

Menurut saya interviewnya tidak terlalu sulit selama kita memang sudah siap. Jadi siapkan saja mental anda dulu, supaya tidak gugup. Seperti yang sudah dikatakan oleh Mas Togap, pertanyaan-pertanyaan interview beasiswa akan berkaitan dengan rencana studi (tentang apa, relevansinya dengan pekerjaan dan keadaan negara/daerah kita termasuk pengetahuan tentang univ dan kota yang akan kita tuju) dan tentang pekerjaan kita sekarang. Kalau memang kita sudah siap, pasti akan berjalan lancar.

Maria T. Ping
M.Sc. in Education
Rijksuniversiteit Groningen

Lia:

Berdasarkan pengalaman saya mengikuti interview StuNed 2006, saya punya beberapa tips (more or less sama seperti tips dari pak Togap) yaitu: berpakaian rapi dan resmi, berpenampilan baik dan segar, datang on time, ketika wawancara harus PeDe, tatap mata interviewer, santai, gesture perlu tapi jgn berlebihan dan keep smiling🙂.

Sebaiknya jawaban-jawaban yang telah disiapkan diungkapkan secara mengalir saja, bukan seperti orang menghafal, karena interviewer menilai keseriusan, keyakinan dan leadership melalui jawaban2 kita.

Beberapa pertanyaan yang ditanyakan ketika interview umumnya:

  • Mengapa anda memilih Belanda sebagai negara tujuan study?
  • Apa hubungan antara pendidikan anda sebelumnya dengan pendidikan yang akan anda tempuh di Belanda, bagaimana hubungannya dengan pekerjaan Anda?
  • Apa kontribusi anda dalam pembangunan Indonesia dan apa yang akan
    Anda lakukan setelah selesai menempuh pendidikan di Belanda?
  • Bagaimana dengan keluarga?
  • Apa yang akan menjadi kendala selama anda menempuh pendidikan di
    Belanda dan bagaimana mengatasinya? (terkait dengan cuaca, different
    culture
    dan homesick)

Saya pikir sudah banyak tips menghadapi wawancara di milis dan website
beasiswa yang bisa di-explore. Dan satu lagi, banyak berdoa dan beribadah.

Veel success!

Regards,
~ lia ~
Groningen, NL

34 Responses to “Pengalaman Wawancara Beasiswa Stuned (Belanda)”

  1. b-bright Says:

    Wow…penjelasannya spesifik bgt, thank to mbak Maria dan Lia. Oh ya, utk pertanyaan : Apa hubungan antara pendidikan anda sebelumnya dengan pendidikan yang akan anda tempuh di Belanda, bagaimana hubungannya dengan pekerjaan Anda?
    Saya ingin bertanya, bagaimana kalo pendidikan saya sebelumnya tidak ada hubungannya dengan pendidikan yg ingin saya lanjutkan skrg dan dengan pekerjaan saya? Misalnya pendidikan dan pekerjaan saya sebelumnya adlh dibidang Information Technology sedangkan pendidikan yg ingin saya tempuh adlh Management or Business or Communication.

    Salam,
    Yenny

  2. Wids Says:

    wah mbak – mbak asik sekali bs ke belanda…

    aku iri.hiks.

    Mbak untuk stuNed – kan harus minimal 2 th pengalaman kerja.Itu harus di tempat yang sama?
    Trusss,…aku pingin coba HSP Huygens , ada info tidak?

    he he

    thanks ya

  3. reinly alfa kere Says:

    Medan,22 June 2007
    For The Netherland Emmbasy

    With Respect,
    I want to apply to get schorlarship from Netherland Goverment.I hope my wish come true and I can study in Netherland.I have two grandmother live in there and I never go there so I hope it will come true.
    Thanks before.

    From
    Reinly Alfa Kere

  4. lili Says:

    hm..mas togap dan mbak serta mas sekalian..

    ada yang pernah pengalaman dapet HSP Huygens ndak? boleh kah tolong di share cerita-cerita proses setelah kita mengirimkan semua applikasi?

    thx ya

  5. Asrizal Hadi Lubis Says:

    saya ingin tahu bagaimana caranya memperoleh beasiswa untuk sekolah / belajar di Belanda?
    Apa saja yang harus saya persiapkan, (berkas akademik, izin dari tempat bekerja atau lain sebagainya).
    saya berada di kota Medan, kemana saya dapat melakukan contact untuk mengetahui proses pendaftaran beasiswa ke Belanda.
    terima kasih atas bantuan dan infonya.

  6. awan Says:

    untuk pegawai negeri seperti saya apakah lebih gampang untuk memperoleh beasiswa tersebut..untuk tahun 2008 ini apakah masih bisa,terus jadwalnya dapat dilihat dimana yach untuk stuned.thank u

  7. Makmur Says:

    Palembang, February 08, 2008

    thanks to Ms. Maria dan Ms. Lia for your kindness sharing your experiences in interview.
    saya seorang pegawai negeri di bidang kesehatan. mau ambil jurusan MPH. ada yang punya info gak tentang universitas yang menyediakan beasiswa di jurusan tsb.
    sudah lama saya impikan untuk kuliah di luar negeri dengan beasiswa.
    untuk yang punya info, terima kasih untuk menyediakan waktunya untuk berbagi.
    salam hangat.

  8. dade Says:

    mbak, saya karyawan di BUMN perkebunan tapi masih sekitar 6 bulan bekerja. bisakah saya mendaftar program stuned yg dalam persyaratannya hrs bekerja min.2 tahun. untuk beasiswa tahun 2008 atau 2009,pengummannya bisa dilihat dimana?trimakasih.

  9. Valid Says:

    Cerita yang sangat menarik,saya ingin tanya…
    jika ingin melanjutkan S-1 disana syarat apa saja yang harus dipenuhi,terutama nilaik akademiknya?
    gimana dengan calaon mahasiswa yang belum bisa berbahasa
    Belanda sama sekali?apa ada kursus khusus yang bisa diambil sebelum berangkat kesana?

  10. rina Says:

    hallo..salam kenal
    saya sudah pernah coba apply stuned yg thn ini 2008/2009, tapi gagal krn nilai toefl blm mencukupi (msh 507) dan deadline ga terkejar saat april 2008 kemaren. Saya berniat ikutan lg yg thn depan, ingin tanya: apakah utk praregistrasi luar pulau jawa lbh disarankan, atau lbh baek ngejar deadline applikasi yg batas akhir april 2009? apa keuntungan dan kekurangannya dengan melalui pra registrasi buat kandidat luar pulau jawa? Kalo semisal lebih susah melalui pra registrasi krn musti melalui banyak seleksi lagi, apakah lbh baek ambil yang langsung deadline april 2009 aja? Mohon infonya. Terima kasih
    Rina-Bali

  11. pipi Says:

    mau nanya buat teman2 yang udah pernah sukses di stuned
    … TOEFL yang darimana yg diakui… sy dari aceh,, apakah dari USU bisa?? atau mesti dari PPIA ataupun AUStarlia Center?

    thank buat jawabannya

  12. nins Says:

    bagaimana sih supaya bisa sukses ujian toefl itp di nec, kok menurut aku susah, aku tes di tempat lain 550, tapi di nec 510 lagi n lagi,
    oia, bagaimana tips2 untuk dapatkan admission letternya cepet, tahun ini admission letter ku tiba terlambat, so ketika interview belum ada, tapi seminggu kemudian suratnya baru datang, bete, ngaruh ga si??? trus mau komentar juga buat wawancara, waktu itu aku ditanyain isu2 yang up to date, seperti global warming, kekerasan di televisi dll, kok aku susah ya? thanx ya

  13. paeen Says:

    mau nanya untuk teman2 Stuneder, boleh ngga bawa keluarga ke Belanda? selama di Belanda, boleh ngga kita kerja tuk nambah penghasilan. thanx

  14. winda Says:

    Dear Pa togap
    terimakasih banyak atas informasi dan tips2nya terutama ttg toefl dan interview, dan saya membaca juga kiat-kiat memenangkan beasiswa yang ditulis pa togap..setelah kurang lebih 3 th,akhirnya saya mendapat beasiswa StuNed th ini.
    Pengalaman saya hampir mirip dengan Maria or Lia, pertanyaannya juga hampir sama, memang yang diperlukan adalah kesiapan mental. jadi dalam kondisi apapun kita udah siap, dan jangan menghafalkan jawaban.
    yang paling pentng itu pertanyaan ttg pekerjaan, konstribusi kita apa untuk institusi..

    Teruslah berusaha, mungkin selangkah lagi adalah hak kita untuk mendapatkan beasiswa…

    terimakasih kepada pengasuh milis… banyak manfaatnya bergabung dengan milis beasiswa

    ^_^
    winda

  15. yusi_ta@yahoo.com Says:

    Dear mbak & mas…salam dari yogya…
    perkenalkan saya Nur dari Yogya nie..saya guru anak tunarungu di SLB B Karnnamanohara dan telah bekerja 6 tahun lebih.Impian saya sejak kecil ingin kuliah di luar negeri, lalu setelah saya kerja, dpt info beasiswa stuned.Menurut mbak dan mas, ada gak ya beasiswa untuk program special education di universitas leiden? saya dah coba cari infonya tpi kok lum dapat ya…O ya kiat mbak dan mas supaya tetap semangat dalam mengejar beasiswa ini apa ya…
    Matur nuwun…Pareng…

  16. amilia Says:

    haloo…sekedar ikut nimbrung aja ya??mudah2an bisa membantu..
    buat makmur..ada banyak master program di bidang public health salah satunya di Masstrict University, coba skali2 liat di web sitenya ato mampir di nesoindonesia.com..kebetulan aku juga dari bidang kesehatan dan sering liat2.
    buat bang togap, kok banyak pertanyaan2 yang gak di jawab..yang sebenernya jadi pertanyaanku slama ini. kayak penglaman 2 tahun tu harus di tempat yang sama atao tidak. Trus aku pernah baca kalo mau apply beasiswa ada harus ada surat yang menyatakan kalo institusi tempat kita bekerja masih akan membayarkan gaji kita selama kita studi..bener gak??
    trimakasi sebelumnya…
    -amilia

  17. herri Says:

    Mau tanya nih.. bidang renewable energy di belanda yang ada di uni mana ya? terimakasih

  18. beny Says:

    salam…
    saya ingin mendapatkan tips2 untuk memperoleh beasiswa STUNED…
    berdasarkan pengalaman para penerima terdahulu, apa saja yang harus saya siapkan unrtuk memperoleh beasiswa di Belanda….

    hormat dbri

  19. prambudiii Says:

    salam…
    saya ingin mendapatkan tips2 untuk memperoleh beasiswa STUNED…
    yang sebelemnya saya mendapat info beasiswa stuned dari keluarga saya tetapi saya ingin mendapat info yang lebih….
    berdasarkan pengalaman para penerima terdahulu, apa saja yang harus saya siapkan unrtuk memperoleh beasiswa di Belanda….

  20. ferdi Says:

    Menarik
    Kalao TOEFL masih 533, apakah masih punya kans?
    bagaimana meningkatkan score toefl dalam waktu singkat?
    apakah kita harus belajar bahasa belanda juga?
    bisa diceritakan juga mungkin pengalaman persiapan sebelum mendaftar (terkait berkas), proses mendaftar (supaya tahu kendala yang dihadapi), persiapan berangkat, dan saat menjalani kuliah dan kehidupan disana.
    Terima kasih atas penjelasan abang dan mba sekalian

  21. maykoedison Says:

    Salam Cenderawasih….!!
    Untuk Short Course, apa sama interview dan tahapan selsksinya…trima kasih.

  22. titan Says:

    aslm,

    iya, bener…. kok ga ada jawabannya sih? padahal pertanyaannya bags2…..

    tolong dijawab ya?

    makasih. btw, mo nanya, yg bisa lulus untuk tes wawancara (pre reg) tu toelf nya dah harus berapa ya?

  23. zainul Says:

    Mohon info bagaimana cara mendapatkan beasiswa s1 di belanda ? tks

  24. Selly Says:

    Terima kasih sebelumnya untuk informasi di atas. Yang ingin saya tanyakan adalah apa saja persyaratan yang harus dipenuhi seorang fresh graduated doctor yang ingin melanjutkan S2 Public Health di Belanda dan tenggang waktu pemasukan formulir hingga pemanggilan untuk wawancara butuh berapa lama? Terima kasih. =)

  25. Kristina Says:

    Halo mba Maria,
    Saya guru SMA swasta di Luar Jawa. Saya pengen ambil S2 bidang education. Mohon informasinya dong tentang jurusan2 yang ada di Universiteit Groningen, terutama yang berhubungan dengan Curriculum developing

    Thanks a lot ya mba.

  26. mita Says:

    waaahhhh,, asyik banget bisa belajar di luar.
    saya masi kuliah sem.4…. saya punya mimpi bisa kuliah di belanda…. hohoho…

    boleh nanya gak???
    saya baca di syarat katanya buat yang ambil s2 mesti punya pengalaman kerja 2 tahun ya?/ itu persyratan mutlak gak?/
    maaf yaaaaaa
    n makasi buat info

  27. arief Says:

    gimana seh supaya bisa study di stunet?
    rencana saya mo apply yang dakultas hukum. kira2 apa saja yang perlu disiapkan dan bagaimaa caranya supaya lancar atau diterima?
    makasih…

  28. oment Says:

    wah kayaknya yang reply disini pada belum tau ya…
    sebelum lamar beasiswa harus lulus dulu universitasnya, jadi persiapannya satu tahun sebelumnya…

    Alhamdulillah saya baru lulus TU Delft kemarin, sekarang mulai ngelamar Stuned nya..

  29. jacky Says:

    pengalaman yg berkesan yak….. bagus2.

  30. Yahya Says:

    Salam kenal …
    Memang kalau untuk stuned kita diharapkan sudah lulus di salahsatu universitas di Belanda. Dan untuk itu perlu waktu lebih lama untuk persiapkan segalanya. Tp yg penting adalah nilai TOEFLnya. Syarat2 lain tentunya harus dikirimkan. Saya kebetulan dapat 2 admission letter. Saya baru saja wawancara stuned 2010. Wawancara sama persis yang disharingkan dlm tulisan. Karena di medan cm wawancara via telpon dan kurang lebih cm 25 menit. Entah apa nanti hasilnya awal Juni 2010.

    Apapun nanti hasilnya harus tetap semangaaatt !!!

    Best regard,

  31. Dini Rahmawati Says:

    Mohon bantuan infonya. Bagaimana caranya bisa mendaftar di perguruan tinggi di Belanda dan mendapatkan admission letter sebagai syarat pengajuan beasiswa di Belanda? Saya ingin sekali bisa melanjutkan study S2 saya di Belanda di bidang manajemen pendidikan. Mohon sekali bantuannya.

  32. Fransiska La zora Says:

    Salam kenal,
    saya siska mahasiswa fk.Hukum di Universitas Batam,rncana nya mau mlanjut S2 ke Belanda.
    Yang ingin saya tanyakan,apakah kita harus memiliki pengalaman kerja 2 thn setelah sarjana s1 baru boleh mlanjut S2?atau stelah sarjana kita scra otomatis sdah bsa mndaftar?

  33. DeasyOtt Says:

    sekedar untuk memberi tahu saja untuk Mba Fransiska , jika ingin melanjutkan studi S2 nya stelah lulus S1 tidak harus memiliki pengalaman kerja . Karena setelah sarjana bisa langsung mendaftr . Sama hal nya seperti teman saya yg lulusan S1 Melaka univ stelah sarjana ambil 2bln kursus untuk program IELTS dan stelah itu langsung mendaftar di Twente University,Enschede Holland.
    Good Luck all😉

  34. arid_arch Says:

    assalamualaikum.wr.wb
    salam kenal,
    Saya Arid Prihambudi,Graduate dari ITN malang jurs Arsitektur dan rencana melanjutkan S2 master of urbanism TUD
    Yang ingin saya tanyakan,apakah penerima beasiswa stuned harus berasal dari latar belakang PNS,sedangkan saya sekarang bekerja di perusahaan swasta…trims sbelumnya


Leave a Reply

