Pengalaman Wawancara Beasiswa Research Student Monbukagakusho (Jepang)

Wawancara sering kali menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa. Tapi, karena pengalaman wawancara kita minim, hal tersebut bisa menjadi suatu hal yang cukup membuat deg-degan. Pantas saja banyak sekali pertanyaan diajukan oleh member milis beasiswa tentang wawancara.

Mulai dari posting ini hingga beberapa posting ke depan, saya akan mengutip berbagai pengalaman rekan-rekan di milis beasiswa dalam menghadapi wawancara. Dari berbagai pengalaman tersebut, moga-moga proses wawancara Anda menjadi lebih menyenangkan. Happy wawancara!

Pengalaman Sandy: Wawancara Beasiswa Research Student di Jepang

Wawancara akan sangat tergantung dengan penguji. Penguji tahun lalu giliran saya adalah dosen UI 2 orang dan pihak jepang ada 3 orang. Model wawancaranya sepertinya adalah good guy dan bad guy.

Penguji dari Indonesia cukup kritis dan bertanya apa saja (akan sangat tergantung dari background dari dosen) dan akan membuat downπŸ˜€. Tahun lalu pertanyaan yang diajukan kepada saya adalah :

Pertanyaan seputar riset dan penjelasannya :
Untuk ini sebaiknya yang diwawancarai menjelaskan dengan menggambar atau menulis di papan yang disediakan, sebaiknya dengan jelas dan lantang. Kalau perlu memakai alat bantu seperti hand out.

Pertanyaan-pertanyaan berkisar tentang:

  • riset yang diajukan
  • tujuannya apa
  • masalah-masalah yang terkait dengan riset
  • perbedaan dengan riset-riset yang sejenis

Pertanyaan dari penguji Indonesia:

  • Siapa perdana menteri Jepang (harus nama lengkap :D)
  • Siapa ketua MPR RI
  • Siapa ketua DPR RI
  • Siapa ketua DPD Pusat RI
  • Apa masalah yang lagi hangat sekarang ini
  • Apa dan bagaimana pendapat kamu tentang korupsi dan bagaimana bisa terjadi
  • Apa penyebab konflik agama di Indonesia
  • Beberapa pertanyaan tentang politik

Pertanyaan dari penguji Jepang

  • Kenapa memilih Jepang
  • Apa yang menjadi motivasi sekolah di Jepang
  • Budaya Jepang apa yang telah dipelajari
  • Apakah sudah kontak dengan profesor atau belum
  • Beberapa pertanyaan trivial lainnya.

Quote dari penguji dari Indonesia yang paling saya ingat tahun lalu adalah :
“Untuk mendapat beasiswa Monbukagakusho, pandai dan jenius tidak cukup. Kamu harus berwawasan luas. Supaya tidak memalukan Indonesia”.

36 Responses to “Pengalaman Wawancara Beasiswa Research Student Monbukagakusho (Jepang)”

  1. tegar siregar Says:

    wah.. sebegitunya pertanyaan wawancaranya.. klo dibayangkan, saya az bisa mati kutu, susah juga ternyata, hehehe…

    pa lagi saya tertarik tu beasiswa Monbukagakusho…

  2. raden Says:

    hmm,,, kalo gitu, kita harus bener-bener siap mental, ya! yah, makasih deh, atas infonya. saya akan berusaha!! let’s see i will go to Japan!πŸ˜‰

  3. oedji Says:

    makasih banyak atas infonya. smoga bermanfaat. yakin usaha sampai.

  4. nanang erma gunawan Says:

    wow…..beruntung mendapat informasi ini bagi saya. untuk penulis terima kasih sekali atas informasinya. sungguh sangat memberikan gambaran baru saya untuk mendapatkan beasiswa Monbukagakusho. saya sangat tertarik sekali dengan ini. saya akan mencobanya…….siiippppppp……….ganbatteru…..

  5. wulan Says:

    Wah, makasi bgt neh atas info ttg wawancaranya mas..
    Aku kebetulan lolos seleksi pertama monbusho..
    Ada ga mas contoh2 soal ujian tertulis monbushonya yang tahun lalu?

  6. Efendi Says:

    Alhamdulillah ini yang saya cari infonya. tadi saya sudah posting di mail group beasiswa nanya tentang ini.
    Terimakasih banyak Bang Sandy.

    Wassalam

  7. itsuki Says:

    q juga makasih bgt infonya…
    dan mohon ijin nge-link blog ini dari blog-q ya…

    Hmmm….
    sampe ditanya sebegitunya yah….
    apalagi endingnya di omongin gitu…
    waduhhh bener-bener harus siap segalanya…

    Tapi, munbukagakusho di bidang Kedokteran ada gak ya…?
    Ada sub-sub bagiannya gak?
    Bisa liat dimana yah?
    (gomen.. tapi aq bener-bener NOL ttg masalah ni…)

    Arigatou gozaimashita…….

  8. carolina Says:

    saya tertarik mengikuti program D2.
    tolong ya data-data saya diterima.

  9. Lia Says:

    Akhirnya saya merasakan sendiri interview yang menegangkan itu… Yah, memang membuat down. Apalagi pertanyaannya update sekaliiii…πŸ˜€ *senyum pasrah*

  10. shakti Says:

    untuk monbuka…. yg S1 udah ada pengumuman tho?
    kpn? atau yg lo2s bakal di hub. sama pihak kedubes ndiri?
    aq cuma tau kalo bakal ada tes tertulis tgl 23 juli.
    bgi yg tau, sharing kesini ya?!
    arigato…

  11. fadli Says:

    Wah kayak sidang skripsi aja yah…Tapi layak lah untuk mendapatkan beasisa dengan wawancara seperti itu. Tapi jika dibanding-bandingkan, kadang wawancara untuk kerja malah lebih sulit, karena kita disuruh jawab hal yang ga pernah kita pelajari!

  12. chasanova Says:

    aslm. wah makasih bgt tentang infonya. saya ngarepin doa2 dari rekan rekan semua. semoga saya bisa lulus k jepang. amiin

  13. use_nee Says:

    thanks infonya….kali za aq bisa lulus tu test…..amiin……….!!!!!!

  14. Lala Says:

    Ada yang duah dapet pengumuman penerima beasiswa monbusho buat yg research student 2008 belum? penasaran euy…

  15. anna Says:

    wahh… makasih bgt yah infonya. Saya jg pngn bgt sklh ke Jepang. Moga2 aja bisa berhasil. Doakan yah! Oh iya, punya contoh soal seleksi monbukagakusho gak? Kl ada yg punya email ke valdis.topaz@yahoo.co.id. Arigatoo gozaimasu…

  16. Mohammad Charles Says:

    januari 2007 saya sempat ikut test untuk program penataran guru. Saya ingin sekali belajar lebih banyak tentang metode pengajaran dll, khususnya di bidang musik (saya mengajar musik di SD,SMP, SMA Nasional I, bekasi)

    Ternyata baru di test tulis Inggris saja sudah gagal, segala profile yang sudah saya siapkan dalam bentuk multimedia n sudah diserahkan ke bagian pendaftaran jadi seolah sia-sia hehe

    habis itu saya jadi nggak PD lagi untuk ikut test di th 2008, habisnya untuk test Inggris rasanya akan mentok melulu, saya lebih PD untuk speaking daripada writing.

    ditambah lagi yang lolos cuma 10 orang dari ribuan pelamar.. aahh rasanya nggak mungkin. Mengutip kalimat di buku Andrea Hirata, ‘bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpimu’, ingin juga rasanya punya mimpi untuk belajar ke Jepang, tapi sepertinya jodohnya nggak disitu hik hik hik hehe …

    oh ya, salam kenal yaaa, mampir ke blog saya : http://www.gsncharles.multiply.com atau FS add di gsn_charles@yahoo.com

  17. vera yulianti Says:

    Pengumuman penerima research studen 2008 dah ada ya. Sudah ditelepon kedutaan semua kan? btw, katanya ad milisnya ya. boleh ikutan gak. Saya salah satu penerima beasiswa yang akan pergi ke Tohoku University. Ditunggu kabarnya ya.tk

  18. nichiharu sakura Says:

    asyiknya klo bisa pergi ke jepang, gratis lagi. ku pengiiiiin bgt bisa ke jepang .taapi udah telat pendaftarannya. doain moga moga tahun depan ku bisa pergi ke sana.Amiiin. GANBATTE buat semuanya

  19. ARZ Says:

    Di requirements ditulis: hrs melampirkan fotokopi raport semester akhir…
    Yg dimaksud semester 5/6, soalnya temen gw bilang yg dipake semester 5, yg mana ne yg bener???
    Lagipula klo semester6 katanya kan jarang dipake buat tes beasiswa kya gini, btul kg se…
    Trus2!! kan di rapot ada nilai kognitif, psikomotorik, ma afektif…, Nah maksudnya nilai rata2 minimal 8,2 itu yg mana……..,semuuuanyaa ato kognitif doank?? (Gw ambil yg S1)
    Plis tolonk dijawab ya….
    Bwt semuanya….Selamat MenCoba!!!

  20. Shissio Says:

    wah nakutin banget ya…
    tapi tetap semangat untuk mendapatkan beasiswa ke jepang
    semangat!

  21. SagacChi Says:

    Huwaa ..
    ternyata soal wawancara buat dapetin beasiswa ke Jepang susah bngd ya ??😦

    btw, gomen ne ..
    gmn sih caranya biar dpt beasiswa ke Jepang ??
    qu bnr2 ga tau masalh beginian, orang baru sii ..
    tp smangat qu ga kalah gedenya loh .. ^^”

    Anoo,
    unn .. bisa tlng kasih tau aq gmn cranya dptin beasiswa ke jepang ??
    skalian persyaratanny .. xD

    onegai shimasu ..
    n domo Arigatou .. =]

  22. dimas firmanda Says:

    hadu…
    aku pengen coba nglamar
    tapi syaratnya kn TOEFL ato JLPT tu
    Institutional TOEFl ku belum 550 n JLPT ku hanya level 3 hiks
    gk ada yg memenuhi… gmn ni…
    apa emang harus 550 ya

  23. Valid Says:

    Wow…informasi yang luar biasa membantu
    tapi yang dijelaskan tadi untuk research atau berlaku juga untuk calon S-1?
    tolong dijelaskan…

  24. adhen Says:

    waaah..!!!
    Lumayan sulit jg yah..!!
    hrs tau berita2 yg up to date nich.. Apalagi kl ngadepin pewawncara yg dr indonesia..
    but, your infos help so much..!!
    Domo arigato gozaimashita..!!!

  25. dzikrina ana Says:

    domo arigatou…

    4 tahun lagi untuk ke tahap itu,,,,,I hope:D

  26. Anggi A Says:

    Wah makasih banget ini infonya..membantu banget..Soalnya selasa ini aku wawancara buat research student keberangkatan 2009…hiks..menegangkan..

    Makasih banget..
    btw..salam kenal semua..semoga nanti bisa lulus ke jepang yaaaaa….

    Ganbatte..!!

  27. kazumi Says:

    huwoooo bener2 info yang bermanfaat!! senengnyah ada yg mau bagi2 info. buat yg udah kepilih, congrats yah! oh ya, kira2 dua setengah tahun lagi, saya akan meng-apply beasiswa monbukagakusho, saya dari Bali =)
    semoga bisa terpilih… impian saya selama ini ialah belajar di jepang. ah ya, mina san! issho ni ganbareru na!

  28. imut fukada Says:

    juli kemarin aku juga ikutan tes tertulis monbukagakusho di sby,, tapi pas announcement ternyata aku nggak lulus,,
    hiks,
    tapi nggak apa apa, tahun 2009 aku akan coba lagi

    ganbatte ne !
    Shippai wa seiko no moto (kegagalan adalah teladan bagi keberhasilan)
    once again,,, GANBATTE NE !!!!!

  29. rita Says:

    wah makacih bgd neh bocoran soal wawancarax,
    ternyata susah juga ya…..
    jadi pesimis nih

  30. citra lestari Says:

    watashi wa gakusei desu;;’kayuagung no kokuritsu dai ni koko no gakusei desu’

  31. fadilah wibowo Says:

    iraimase nihon jin..
    watashi wa gakusei desu
    doozo yoroshuku

  32. dave Says:

    wah,asyik ya.bisa kuliah di jepang.semoga berhasil! tapi ngomong-ngomong penulis akhirnya diterima gak?penasaran nih ceritanya.thank bgt buat seluruh informasinya

  33. hikari Says:

    Hmm, kebetulan yg sangat kbtulan ^_^
    saya tmasuk yg berencana ikut “teacher training”…
    thun ini tdk bisa b’pasrtisipasi krn pngalaman ngajarnya bl 5 tahun… mudah2an tahun depan (Amiin). So, skr cari2 info dl sebanyak2nya.
    mohon doanya…

    Minna-san…, ganbatte ne …

  34. Adela Says:

    arigatou gozaimashitaaaaa…

    ^^

  35. classical Says:

    gk susah2 amat yah mas aku akan brjuang dah

  36. Yahya Says:

    Juli 2009 aku ikut wawancara akhir Monbukagakusho di kedubes Jepang. Yang mewawancara 5 orang dan 4 orang diantaranya dr Jepang. 1 orang nampaknya dari indonesia. Dah seperti meja hijau waktu sarjana. Semua hal ditanyakan. Dari riset, pekerjaa, latarbelakang, keluarga, budaya jepang dll… Dan akhirnya pada tanggal 30 Juli “SELAMAT…MENCOBA…TAHUN…DEPAN” …

    Gubrak…pingsan…semamputh…!!! hahaha…
    SEMANGAT!!!


Leave a Reply

