Mempersiapkan Diri untuk Beasiswa Mulai dari Bangku S1

Hingga hari ini, lebih dari 40 ribu orang telah bergabung dengan milis beasiswa. Website MilisBeasiswa.com dikunjungi lebih dari 500 orang setiap harinya. Banyak anggota milis yang ternyata masih belajar di bangku S1. Mereka sering menanyakan apa yang harus dipersiapkan untuk mencari beasiswa di luar negeri. Untuk yang ingin mendapatkan beasiswa Master, saya bagikan kiat-kiatnya. Moga-moga membantu.

1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris penting banget! Kalau kamu pengen sekolah di Amerika Serikat, Singapura, Australia, atau negara – negara berbahasa Inggris lainnya, tentunya faktor ini tidak bisa kamu hindari. Faktor bahasa Inggris ini pun penting kalau kamu ingin sekolah di negara yang tidak berbahasa Inggris, tapi menggunakan bahasa ini untuk kuliah di kelas. Contohnya di negara Belgia dan Belanda.

Karena itu, usahakan mendapatkan nilai TOEFL atau IELTS yang baik. Umumnya beasiswa mempersyaratkan nilai minimum 550 untuk TOEFL. Tapi pesan saya, usahakan dapat lebih dari 600.

Caranya tentunya bermacam-macam. Saya dulu belajar dari buku Barron’s. Yang lain mungkin lebih suka belajar di kelas persiapan TOEFL di berbagai tempat kursus Bahasa Inggris. Banyak lagi yang mau belajar sendiri lewat kelompok belajar seperti di milis “Belajar TOEFL”. Milis ini juga dibuat oleh moderator Milis Beasiswa. Pilihlah cara belajar yang terbaik buat kamu.

2. Rekomendasi Dosen

Beruntunglah kamu yang bisa dikenal dengan baik oleh dosen-dosen kamu. Karena kamu akan perlu bantuan mereka waktu mencari beasiswa. Rekomendasi yang baik dari dosen kamu akan sangat membantu. Jadi kalau kamu masih kuliah sekarang, usahakan menjalin hubungan yang bagus dengan dosen-dosen kamu.

Jalannya bisa berbagai cara. Kamu bisa menjadi asisten buat mengajar kuliah. Bisa juga kamu menjadi asisten di lab. Ini yang saya lakukan dulu. Cara lain, ya kamu bisa menjadi yang paling rajin masuk kelas dan rajin bertanya. Mungkin ini bisa juga membantu🙂.

3. Biasakan Menulis dengan Baik

Untuk hal ini, pesan saya hanya: berlatih, berlatih, berlatih! Saya rasa salah satu permasalahan dengan sistem belajar kita, dari SD hingga kuliah, kita kurang diajarkan untuk menulis dengan baik. Beruntung saya pernah mengikuti workshop yang disponsori oleh perusahaan saya untuk bisa menulis report yang baik. Dasar – dasarnya sama saja dengan menulis apapun. Termasuk menulis esai untuk keperluan beasiswa ataupun aplikasi di sekolah di luar negeri. (Hm! Baru saya pikir, rasanya sekolah di Indonesia belum mensyaratkan ini ya?).

Kamu juga bisa membaca berbagai saran tentang menulis esai di link tips beasiswa di website MilisBeasiswa.com.

Nah, saya pikir secara umum inilah perlu kamu persiapkan untuk mendapatkan beasiswa saat kamu kuliah S1.

Do your best! Rajin mengikuti milis beasiswa (iklan nih) dan jangan pernah menyerah!

8 Responses to “Mempersiapkan Diri untuk Beasiswa Mulai dari Bangku S1”

  1. gugi Says:

    tidak,ada yang tidak mungkin
    org indonesia bisa jaya
    jayalah indonesia

  2. tegar siregar Says:

    wah, bang togap siagian ini emang luar biasa, saya salut…

    milis dan blog yang ada saat ini emang sangat membantu kami yang sedang mencari beasiswa…

    tapi tidak berhenti sampai disitu saja, banyak hal-hal lain yang baru menjadi pengetahuan yang sangat berarti buat saya, plus ada motivasinya juga tuh, hehehe…

    ok degh bang, tetap semangat y… ^_^

  3. syarhyna Says:

    Hehe.. baru2 ini saya mulai tertarik dengan mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Tp saya bingung harus memulai dari mana. Setelah bertanya2 n bertapa selama beberapa malam [hehe], ternyata saya bisa mendapatkan info dari internet [ketinggalan bgt ya? ^^;]. Setelah menemukan milis ini, saya semakin tertarik dan termotivasi untuk belajar di luar negeri. Ketika saya mengetahui bahwa Bang Togap memiliki ID YM! saya senang sekali dan langsung mencoba add [walaupun sampai saat ini belum berani menyapa heheh.. ^^;]

    Saya saat ini masih kuliah semester 4 [sekarang menginjak semester 5] di prodi Teknik Lingkungan di salah satu institut negeri di Bandung.
    Selama ini saya selalu malas untuk mengikuti kursus2 bhs inggris mengingat kegiatan saya di kampus sangat padat. Namun, membaca topic ini saya kembali termotivasi untuk mengikuti kursus2 tersebut [terutama Conversation].
    Sebenarnya saya ingin sekali melanjutkan studi S2 di Jepang, tetapi dengan kemampuan saya saat ini saya kurang percaya diri karena tidak memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang baik. Oleh karena itu, saya mengubah kriteria negara tujuan saya menjadi Singapore. Saya tertarik dengan teknologi pengolahan air limbah menjadi air minum [newater] yang ada di sana. Saya sudah mencoba search di Google atau pun di Yahoo! dan membaca beberapa.. Salah satu syaratnya adalah ‘research plan’ dan saya tidak mengerti yang dimaksud itu apa ^^; apakah harus menyerahkan proposal penelitian yang saya inginkan jika nanti saya kuliah di sana?
    Saya saya sekali tidak memiliki ‘bayangan’ tentang hal ini, apalagi saya masih kuliah di semester 4 dan ilmu saya masih tergolong dangkal dan baru mempelajari dasar2nya saja.

    Oiya, jika bang Togap [or anyone] memiliki info tentang beasiswa yang saya maksud ini, tolong email saya syarhyna@yahoo.com atau reply di sini…

    Mohon pencerahannya.. =)
    Terima kasih ^_^

  4. reza Says:

    saya ini ingin sekali mendapatkan beasiswa ke ln, saat ini saya masih kuliah semester 5. saya bingung, mau mendaftar dimana. saya ini mahasiswa jurusan sastra inggris, menurut bang togap, apa saya bisa memenuhi kriteria beasiswa.

  5. rizal Says:

    salam, sangat sangat senang dengan da website ini karena bisa membantu mahasiswa dalam mncari beasiswa, makasi ya

  6. Profirio Says:

    Salam kenal,,,saya dari Timor Leste!! saat2 sekarang ini saya juga lagi bersemangat mencari cari program fellowship post graduate…tapi masih ada keterbatasan dalam berbahasa inggris..
    Saya Senang mengunjungi website ini,,,dan mudah mudahan dapat memberi manfaat untuk tujuan saya ini.
    Thank you

  7. Profirio Says:

    Dear Mr. creator or operator of the milisbeasiswa blog.
    I would like to inquiring some information about scholarship process to you. could you send me some template latter like resume, application latter, reference latter, or for example a propose to requesting a scholarship to overseas agencies.

    If you willing to sharing what you have about this matter, you could send it to the email address below: paituku_2004@yahoo.com

    thank You very much
    Best regards

  8. Bella Nurfadilah Says:

    Assalam…saya pny cita2 bisa kul S2 keluar negeri, walaupun sekarang saya masih sem 4,,…saya ingin sekali bisa kuliah dijerman…saya selalu yakin bahwa semuanya bisa kita capai…, tapi kadang saya ragu, cost saya sekarang kuliah S1 nya bukan diNegri….Oya saya juga masih bingung + awam bagaimana sih caranya memdapatkan beasiswa keluar negeri itu……

    Wassalam…


Leave a Reply

