Kerja Dulu atau Langsung Cari Beasiswa?

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan adalah pengaruh pengalaman kerja terhadap kemungkinan mendapatkan beasiswa. Contohnya pertanyaannya di bawah dari P. Yuriske: “Saya mau tanya jika saya lulus S1 dan belum pernah bekerja full time di perusahaan (tapi sewaktu kuliah saya pernah bekerja part-time sebagai asisten lab selama 2 semester), apakah saya bisa mendapatkan beasiswa untuk S2? Karena kebanyakan salah satu syarat mendapat beasiswa adalah mempunyai pengalaman kerja minimal 2 tahun.”

Terus terang saja, saya tidak tahu jawaban yang pasti untuk ini. Dan saya yakin memang tidak ada jawaban yang pasti.

Kebanyakan beasiswa, seperti beasiswa Fulbright, ADS, atau Stuned mensyaratkan pengalaman kerja ini. Bahkan terkadang salah satu persyaratannya adalah menuliskan esai. Dalam esai itu kamu diminta untuk menjelaskan hubungan antara kuliah S1 kamu dengan pekerjaan kamu sekarang dan rencana kuliah S2 kamu. Nah, kalau tidak pernah kerja, lalu apa berarti kamu sudah tidak mungkin mendapatkan beasiswa?

Nah di situlah misterinya. Kenyataannya, ada beberapa orang yang beruntung sehingga walaupun belum pernah bekerja bisa mendapatkan beasiswa Master ke luar negeri. Ada yang pengalaman kerjanya belum sampai dua tahun tapi toh sukses juga dalam pencarian beasiswa Master.

Kalau begitu bagaimana dong? Yang begini biasanya saya kembalikan ke penanyanya,”Kira-kira apa kerugian kamu kalau kamu mencoba mengirimkan aplikasi kamu untuk beasiswa tersebut?”. Nah, kalau toh memang tidak ada ruginya, kenapa tidak dicoba saja? Biasanya beasiswa seperti Fulbright, ADS atau Stuned tidak meminta kamu untuk membayar apa-apa kan? Paling yang perlu dibayar adalah biaya test institusional. Beberapa beasiswa malah membolehkan penggunaan prediction test yang biayanya jauh lebih murah.

Jadi ya.. coba aja! Seperti kata iklan Nike: “Just do it!”.

Di bawah ini saya kutipkan jawaban dari teman-teman lain di milis beasiswa tentang topik ini. Moga – moga jawaban – jawaban ini bisa memberikan semangat. (Dan itu salah satu tujuan milis beasiswa: memotivasi para pencari beasiswa).

Jawaban dari Ruly:

Untuk pengalaman kerja tidak selalu butuh tetapi ada beberapa yang butuh dan itu harus diperhatikan. Kalau boleh saran ada baiknya sebelum mendaftar tanya dulu semua persyaratan secara lengkap dan spesifik. Kalau perlu, sama yang telah anda lakukan, kirimkan semua dokumen tentang anda (nilai, rekomendasi dll) ke kepala jurusan yang ingin anda masuki.

Jawaban dari Andian:

Tergantung requirement beasiswanya. Ada beasiswa yg memberi lebih banyak chance buat yg dah kerja. In this case, kamu tetap masih punya peluang meski kecil. Ada juga beasiswa yang gak butuh pengalaman kerja sama sekali.

Jawaban dari Victor:

Saya sendiri melamar ADS saat sedang unemployed, tapi berhasil dapat tahun ini.

(Togap: see? Dapat ADS walaupun nggak kerja. Bisa kan?)

Penutup:
– Sekali lagi: Coba aja!

– Banyak berdoa. Kalau memang itu buat kamu, Tuhan akan membantu.

– Nggak semua orang perlu dapat beasiswa. Beasiswa bukan satu-satunya cara untuk sukses. Kalau memang kamu nggak merasa bahwa kamu perlu beasiswa, pasti ada jalan lain buat kamu.

Salam,
Togap

13 Responses to “Kerja Dulu atau Langsung Cari Beasiswa?”

  1. gugi Says:

    saya pernah tanya
    ke Idp,dimalang
    beasiswa ads,bisa walaupun belum kerja
    kemungkinanan kecil
    tapi bisa
    bisa,

  2. Togap Says:

    Setuju! Memang kemungkinannya kecil, tapi bisa. Jadi yang penting usahain saja. No one knows kalau tidak diusahakan kan?

  3. rikagelar Says:

    Pak, kalo saya pertanyaannya bukan ada tidak pengalaman kerja. tapi dalam kehidupan kita ke depannya, terutama teman2 dosen, manakah yang mestinya lebih dahulu, pengalaman kerja dulu di industri sampe level manajer (misal), lalu beasiswa untuk meningkatkan keahlian dll agar mengajar tidak textbook, baru beasiswa, atau yang penting kejar degree dulu (misal PhD), biarpun pengalaman yang ada paling2 ngajar dan kalo pun di industri

  4. widy Says:

    mas, beasiswa s2 untuk guru olahraga ada gak, ak pengen banget dpt kesempatan s2…

  5. medi Says:

    teman2..
    mau nanya,,tujuannya s2 buat apa yah??
    terkadang membingungkan buat fresh graduate spt gw hehehe..
    siapa si yg ga pingin dpt beasiswa di luar,,tp ambil jurusan perlu pertimbangan, agar lulus nanti ga bingung lg mau kerja apa..
    tampaknya teman2 yg ambil ato mencoba s2 setidaknya sudah punya maksud & tujuan,,bisa sharing?

    thx🙂

  6. Togap Says:

    Medi, pertanyaan yang bagus tuh. Saya coba lempar di milis beasiswa. Moga2 bisa memberi jawaban buat kamu. Saya sendiri sih ambil S2 buat beberapa alasan:
    1. Pengen mengembangkan karir saya dan
    2. Menambah wawasan dan kenalan

  7. Windy Says:

    Wah..kasus Medi sama bgt ma saya. saya pengen bgt nerusin kuliah utk s2 tapi saya masih agak bingung nyari2nya coz stahu saya beasiswa utk perawat amat sangat langka. walaupun sudah punya master plan utk nglanjutin s2 tapi kalo kesempatannya langka ya…jadi buta juga. saya sih pengen nglanjutin s2 karna pengen jadi perawat yang bener2 profesional gak hanya dipermukaan aja getoo.. O’ya bang help me juga ya,beasiswa utk perawat..
    Thanks,GBU.

  8. Togap Says:

    Halo Windy, udah nyoba search di google?

  9. Fida Says:

    mas, mo nanya
    pada saat interview pertanyaan apa aja yang biasanya ditanyakan?bahasanya pakai inggris american / british?

  10. milisbeasiswa Says:

    Fida, pertanyaannya nanti saya jawab di posting saya yang lain ya.

  11. Darwis Says:

    Sip, thanks… I will do the best…

  12. eko Says:

    tulisan menarik dan inspiratif. terima kasih🙂

  13. Maria Says:

    Wa…
    memotivasi Saya bgt d artikel ni!!
    tapi..
    saya jadi bingung, kalo tidak ada pengalaman kerja terus esainya enaknya bercerita ttg apa ya???apalagi saya tidak pernah dapat prestasi apa-apa waktu kuliah(>~<)
    waktu aq tanya Mbah Gugle jg, beliau tidak menampilkan contoh esai yang dapat membantu qt 'mendapat' beasiswa..T~T

    Mohon bantuanya bang Togap…^^a


Leave a Reply

