Anak Indonesia Umur 9 Tahun Kuliah Di Hong Kong!

Punya dua orang keponakan yang lucu dan pinter membuat saya suka berpikir kalau anak-anak sekarang makin pinter. Tapi berita yang baru saya baca baru-baru ini sungguh-sungguh hebat. Seorang anak berumur 9 tahun, yang nota bene punya nama belakang Boedihardjo, sedang memulai kuliahnya di Hong Kong’s Baptist University (HKBU).

March, nama si anak jenius ini, memang gemar membaca. Tapi, sama seperti anak-anak seumurnya, dia juga senang bermain games komputer. Cuma, seperti dikutip BBC News, dia kesulitan buat bertukar pikiran dengan teman-teman seusianya tentang masalah akademis. Cape deh! Mungkin begitu kata teman-temannya :).

Terus terang, tadinya saya berpikir kalau March bisa mencapai prestasi ini solely karena faktor genetis. Dalam bahasa Inggris pun, anak-anak istimewa ini disebut gifted yang secara harafiah berarti mendapat hadiah. Tapi dari artikel yang saya baca di Wikipedia, saya jadi tahu kalau ternyata kejeniusan pun bisa diajarkan. Mungkin saja bahwa secara bakat, anak-anak tersebut telah mempunyai bawaan kejeniusan. Tapi dengan bimbingan, anak-anak ini bisa mencapai lebih dari yang biasanya dicapai oleh anak-anak seumurnya. Bahkan mungkin saja lebih dari pencapaian orang-orang yang jauh lebih dewasa dari mereka.

Contoh yang diberikan dalam artikel di Wikipedia adalah tentang seorang guru catur berkebangsaan Hongaria yang bernama Laszlo Polgar. Mungkin demikian cintanya Laszlo pada permainan catur sehingga dia mengajarkan tiga putrinya bermain catur dari sejak kecil. Hasilnya, ketiga putrinya tersebut menjadi juara-juara dunia. Bahkan, salah satu anaknya bernama Susan memenangkan kejuaraan catur Budapest untuk anak perempuan yang umurnya di bawah 11 tahun saat Susan berumur 4 tahun! Believe it or not!

Buat saya pribadi, ini suatu pencerahan dan lagi-lagi suatu penegasan lagi atas teori tentang mindset. Mindset tetap saya sudah buru-buru bilang,”Wah, dia pasti secara genetis berbakat!”. Tapi ternyata kejeniusan pun bisa dilatih. Ini membuka pikiran saya sungguh-sungguh. Moga-moga demikian pula buat rekan-rekan semua.

58 Responses to “Anak Indonesia Umur 9 Tahun Kuliah Di Hong Kong!”

  1. fuad munajat' kudus Says:

    sumpeeeh huuebat tenan, aku aja belajar di SMU ga mudeng2!!!! ee…dia iso mlebu ning Universiti, ajiiiibbbbb

  2. alia Says:

    Woww banget… Duh jadi pengen deh berkorespondensi sama pak Boediharjo, bpknya si March.. hehe.. Gimana caranya dia ngajarin march..

  3. niki sae Says:

    pak boediharjo, gimana caranya melatih kejeniusan si march. tolong jelaskan secara terperinci bagaimana cara mengasuh,diberi makan apa, si march mendapat fasilitas apa aj di rumah?bls melalui email!thx.GBU

  4. Nurkholis Says:

    Waahhh Bisa ga ya anak2ku secerdas March..

  5. bayu s.(basis) Says:

    Gila………kok ada ya anak kyk gitu????????aku jadi pengen kyk dia,..ha3x…..(impossible kale….!!)

  6. fitrotul huda Says:

    gila……….hebat benar…………….
    waktu lahir ibunya march ngidam apa sih kok anaknya jadi pinter banget begini…….
    buat march kasih tau tipsnya dong kok bisa jadi pinter begitu

  7. mer Says:

    Saya kira kasus March and Polgar tidak membuktikan bahwa IQ bisa dilatih tanpa kontribusi genetik.

    Dalam kasus March Budihardjo, terbukti seluruh keluarga memang highly talented. Jadi secara genetik, mereka semua ber-IQ tinggi.

    Dalam kasus Laszlo Polgar, sang ayah adalah jagoan catur dan lebih-lebih terbukti ahli dalam teori. Jadi jelas dia sendiripun ber-IQ tinggi.

    Hanya saja, memang dalam banyak kasus, “nurture” — keluarga dan lingkungan, berkontribusi dalam mengarahkan high IQ tadi. Tanpa pengarahan dan dukungan, banyak orang yg ber-IQ tinggi, bahkan jenius, tidak menghasilkan apa-apa, walaupun mereka tidak akan pernah kehilangan ke-jenius-an mereka.

    Dalam kasus child-prodigies, yang terjadi adalah pengasahan keahlian yang intensif dan pengembangan kepribadian sejak usia dini — tapi bukan tanpa modal (IQ), anak-anak ini memang memiliki kemampuan tertentu secara genetik.

    Tentunya saya setuju, lagi-lagi lingkungan sangat berpengaruh. Namun “nature” dan “nurture” bekerja bersama-sama, child prodigy sulit dihasilkan tanpa salah satu.

  8. asfar Says:

    waaaaaaaaaaaaah…… hebat bener tuh ortunya march mendidik. mau deh anak saya juga kayak gitu…
    tapi gima caranya……….???????????
    ah…….
    ortunya march juga kan manusia……
    march jugakan manusia…..
    saya manusia……..
    anak saya juga manusia………
    insya Allah saya dan anak saya juga bisa………….
    amin.

  9. joe Says:

    Itu baru namanya Suppeeeeeeeeeerrrrrrrrrr jenius………..
    Bisa dibilang supermenya didunia pendidikan kaallleeee
    (apa hubunganya ya heee :p)..yang pasti itu bener-bener luar biasa,,,,seharusnya didaftarin ke guenest book record tuh..
    tapi aku salut ma ortunya march..
    rahsianya apa ya…??????????
    Bagi resepnya dong………….
    biar kelak kalo aku punya anak biar pinter seperti march…
    mungkin lebih….hehe.(mimpi kali ye).

  10. joolean Says:

    tapi saya khawatir di balik kejeniusannya dia tidak bisa menikmati masa kanak2 / remaja dengan baik. seperti orang2 jenius / pintar pada umumnya, mereka kurang bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya dengan baik.

  11. Nadiyah Says:

    senengnya bisa begitu… andai aja ada beasiswa untukku sekolah di luar negeri,itu merupakan impian terbesarku. March hebat bgt, tapi alangkah lebih baik lagi bila disertai dengan akidah yg baik. moga2 ada rejeki buat diriku sekolah ke luar negeri.. amin2 ya rabbal alamii..n

  12. Nadiyah Says:

    aku sekolah di suatu SMP N unggulan di kota Depok. bukannya mau nulis artikel sendiri…. tapi.. meski SMPN itu kalah fasilitasnya ama JIS n’ sekolah2 international lainnya. Tapi perlu di catat bahwa sesungghnya, keberhasilan itu bukan dinilai dari keunggulan sekolah (fasilitas22 yg lengkap) / modal ekonomi yang besar tapi juga kemauan besar dari si anak. March memang jenius tapi kita tidak boleh kalah semangatnya seperti March yg masih kecil. Jangan takut gak punya temen karena jenius. SEBAB klu mau berhasil harus berjuang seumur hidup………

  13. femalesmart Says:

    aku juga sama.pingin kuliah di usia muda kaya dia.apalagi di universitas cambridge uk.

  14. femalesmart Says:

    BAY THE WAY,GIMANA YA CARANYA JENIUS KAYA DIA?

  15. thamrin Says:

    weleh ……weleh…. pienter banget anak itu mbok ya ditularin gimana carane didik anak jadi jenius gito ya

  16. Friendstermod Says:

    masa’ sih kecil-kecil udah kuliah, di Indonesia anak umur 9 tahun sekolah aja belum tentu semua. kadang miris juga hati lihat tayangan di TransTV tentang penyewaan anak yang diajak untuk ngemis di perempatan jalan.

  17. wilsen Says:

    nice… and unbelievable. march efforts was big, he has the target inhis future, he never give up, and i’m surethet his parent salways give him good imputs, good advised, and good samples. march, you are good, keep study, make a wonderful things for your future later. ok
    good luck, u want to cantact me?
    wilsen fang, 085262368086, 061-8826578
    regards, :)

  18. DEWI WH Says:

    TOP BGT dach…………… aq b’doa moga kelas aq punya anak ky dia!hehehehe

  19. Wade Says:

    Unbelieveble….
    tp tmn saya lebih hebat lg…
    umur tiga thn udah msk universitas….
    ternyata usut punya usut… dia anaknya dosen….
    ho..ho… just ice breaking…

  20. Wade Says:

    lp ngasih tw,,,
    jd dia msk universitas cm ngikut bpknya aja…
    abis di rmh ga da yg jagain…

    March,,, u still the best,,,
    i hope my child will beat u down… ;p

  21. -ida- Says:

    setuju sama mer,, tidak tanpa modal. dan juga bisa jadi anak2 dengan IQ tinggi tidak menghasilkan apa2 karena kurangnya tuntunan/arahan dari lingkungan. EQ menjadi/memang penting yak.
    by the way,,, bagaimana MENGGALI POTENSI anak ya??atau,,bagaimana menggali potensi kita sendiri ? hehe
    salam,

  22. joan Says:

    Kalo gue ma kasian ama itu anak. Dia tidak menikmati masa kecilnya secara wajar.

  23. Dies Says:

    Saluuttt..membawa harum nama bangsa nih..

  24. ve Says:

    duwh…duwh…gw salut deh..
    kecil2 cabe rawit..
    duwh..pasti ortunya bangga banget deh…

  25. deden Says:

    hebat!
    gw aja kuliah susah bgt…udah tua lagi dia umur 9 thn dah pinter.

  26. nachan Says:

    hebat!!!
    tp kesian jg sih…
    anak sekecil dia ga bisa menikmati masa kecilnya dengan lebih “normal” layaknya anak SD umur 9 tahun…

  27. Aal Says:

    Waaaaaaaaooow……, selama ini aku memang pengagum orang-orang brilliant……………but ini? udah deh, jempol empat kuacungin untuk March. Coba kalo orang-orang Indonesia semuanya se-jenius March, Gak bakal deh, dibodohin ama negara laen……Sumpeeeeeh….Aku juga mimpi bisa kuliaahhhhhhhhhhhhhhhhhh hi hi hi

  28. dinda Says:

    waahh!!
    kerenn banget. sumpa!!
    kalo’ aku dikasiih kehebatan kayak si MArch,
    bakalann beruntung bangett yahh.
    masii muda dah lancar bnerr dehh bahasa inggrisx. [mauu]
    aku juga mauu tuhh kuliah cepet2. [emang kuliah enag?]
    kuliah diluar negri juga boleeh.
    malah pengen banget [bangett]
    hhehehe :)) doakann. msii staunn lagii lulus SMAnya.
    wish ME luck!! sibb. [[maav kalo' jdii curhatt]] hhahahah =))

  29. heru Says:

    gue ngiriiiiiiiiiiiii banget….dari menjelang lulus pengen banget terusin s2 di luar negri….march ntar seumur gw udah jdi profesor kali ya…..e tapi temen temennya udah pada tua donk..apa obrolannya bisa nyambung?

  30. mia Says:

    untungg…si march ini tinggal di Hongkong..coba di Indonesia, mana boleh dia masuk universitas…mangkanya, tulung dong perbaiki kualitas pendidikan Indonesia, kalo sekolah2 cuma “ngejar setoran”, ada oknum2 pengajar yang nggak bisa “dibantah” murid2nya, sistem pendidikannya “saklek” nggak mau nerima hal2 baru, pengajar2 nggak dapet penghidupan yang layak, nggak semua anak bisa bebas belajar (sekolah), ya gimana majunya ya…

  31. 3 mojang lampuang... Says:

    astaghfirullahal’azim… la illa haillaullah…. allahhu akbar!!!!!
    adaaaaaaaa ya, anak kayak gitu!!!!
    tak mudeng dek????
    koq bisa yaa.. boleh dunk tips nya_

  32. Ezra Says:

    ohhhh myyyyy Gooooddddd
    gw juga anak sd tapi emang slalu masuk sepuluh besar
    menurut gw kepintaran si march pasti karena usaha dia, menurut gw masih banyak muda-mudi Indonesia dapat mencapai prestasi sehebat itu(bahkan mungkin lebih dari si March) aku mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu bangggggggggggggget makanya all people in the world please doain gw biar bisa sekolah di luar negeri(maunya ke Oxford atau Harvard) mudah-muadahan

  33. Lee Says:

    Emang keren banget si March!!!!!Untuk march sendiri atau pak Budiharjo saya pengin mengembangkan Inggris saya lewat email,barangkali March bisa berchatting dengan saya hitung -hitung bahasa Inggris saya bagus kan bisa diajari lewat March

  34. ellen Says:

    I’ very saluted for you.two thumb up for you.
    how can you do it???
    you have a brain.use it for making someone better .
    now,i also gope getting the scholar to continunue abroad
    hoping it can come true
    ‘indonesia has many great young generation.does the education system support the education for them???

  35. david Says:

    Hebat…

    Saya rasa ke depan kita akan makin banyak melihat kasus2 seperti ini.

  36. Ikhsan Says:

    Subhanalloh, Allohuakbar……………………..
    March saya sangat bangga mendengar berita tentang dirimu, Saya harap dengan dikaruniakannya kepintaran oleh alloh swt. kamu dapat mensyukuri dan menggunakan kepintaran yang dimiiki dengan sebaik-baiknya. Selamat berjuang march.

  37. jafar sufi goblog Says:

    NDA HEBOH TUH!
    Info ini bagus bisa menggugah walaupun bagi sy pribadi tdk mengherankan karena ada yg lebih heboh, kalau dia 9 tahun baru kuliah, tp di london university ad yg 5 tahun disidang hingga dapat gelar doctor, namanya Doctor Sayeed husein thabathabai tobat deh!teliti punya teliti,lagi-lagi terpaksa kita cuma reaktif dengan menyesali diri hidup di lingkungan negri yg kurang care trhadap ilmu. Apa pun agamanya, org indonesia tdk adil dlm mendidik.Bagi sy tak ada anak manusia yg BODOH semua PINTAR dan meiliki kecerdasan masing-masing, hanya saja pendidikan indonesia cua berpaku pada Linguistik dan matematik! akhirnya ya kaya gini! nah si March ini mungkin didik pas dengan kecerdasan yg dimilikinya! Sekali lagi, masyarakat indonesia tidak adil dan bahkan inkonsisten, lihat ambivalensi ulama Islam,coba tanya, mana yg lebih utama memimpin, yang paling pandai atau yang paling tua walaupun bodoh? Jawaban mereka pasti harus yg paling pandai !Tapi faktanya,dari zaman usai wafat Naby malah abu Bakar, Umar dan Usman yg lebih bodoh dari Imam Aly yg harus duluuan memimpin, setela ditanya kenapa? jawabannya karena Imam aly paling muda! kan inkonsisten tuh namanya ulama Islam.Jelas Umat Islam terbelakang karena Ulamanya tidak hormati Ilmu! Bravo arch!

    • L Says:

      EMANG KAMU BISA KAYA MARCH? 9 taun uda jadi apa km??
      hadist rasul bilang “tuntutlah ilmu sampai negri cina”
      brati harus mempunyai ilmu dong. menuntut ilmu adalah ibadah!! umur ga menghalangi!!!

  38. sugeng Says:

    Indonesia pancen hebat banget. kapan ya inyong teyeng sekolah neng luar negeri…..

  39. Am[N]esiA Says:

    mer Says:
    October 15, 2007 at 6:25 am
    Saya kira kasus March and Polgar tidak membuktikan bahwa IQ bisa dilatih tanpa kontribusi genetik.
    [ Deleted . . . ]

    Absolutely agree ama pendapat bapak yg satu ini =)
    Orang2 kita (Indonesia) sebenernya lumayan banyak yg pinter2 tapi lingkungan yang tidak mendukung.
    Inilah Indonesia, tapi bagaimanapun teteuuppp ACI !!! :D

  40. Agung Says:

    Iyakah? klo memang benar, di jursan apa? Saya mikir aja, klo misalnya di sains/teknik.. apa iya dia bisa menguasai berbagai pola matematis yang lumayan, kayak diferensiasi, integrasi, dll…
    orang2 yg udah biasa pun, kadang2 bisa salah jg klo lg buru2 ngerjainnya…
    but, tetep ini ngebuktiin bahwa INDONESIA CERDAS!
    ANAK 9 TAHUN AJA SETARA DENGAN DEWASA DI HONGKONG! APALAGI KITA!! MUNGKIN SETARA DENGAN BUYUT ORANG HONG KONG!! WKAKAKAK

  41. AJ Says:

    Dear milis and terutama Yth. Mas Togap Siagian,

    Bagaimana sih cara tuk mendapatkan buku “Kiat Memenangkan Beasiswa”???

    Coz’ saya dah coba tuk ke http://www.milisbeasiswa.com tetapi tdk bisa….

    Mohon petunjuknya di email saya dibawah ini: PLEASE…..

    aj_cool_888@yahoo.com

    ami.fakih@trakindo.co.id

    Thanks a lot…

    (^o^)v

  42. cybergirl Says:

    wew….
    siiip beuner….
    PeNgen bisa gt…(belajar inggris aja musti studyhard)
    hihihihihiii

  43. Mualaf Menggugat Says:

    Apa nanti ngga jadi kasus anak-anak yang terlalu cepat matang? Di beberapa bagian dunia sudah banyak laporan kalau anak-anak yang dikenal jenius saat mereka masih kecil ternyata tidak menjadi siapa-siapa saat mereka sudah dewasa. Paling akhir, kasus keturunan Malaysia yang masuk Oxford pada umur 13 tahun akhirnya (kata koran) terpaksa menjual tubuhnya untuk menghidupi dirinya saat dia berumur 24 tahun (sekarang).

  44. someone Says:

    untuk mualaf menggugat :: situ menuliskan kata2 seperti itu karena apa?sirik atau semacamnya?
    itu kan udah di atur sama yang di atas…jadi nanty orang2 seperty mereka mau jadi apa tooh mereka yang menentukan kan?
    kalo situ pintar emang mau di atur2?
    kemungkinan besar situ jg pasty akan memiliki pikiran yg berbeda….

  45. Ricky Says:

    Hebat, orang Indonesia di umur yang masih muda udah bisa disetarakan sama mahasiswa.
    Tapi tetep, yang penting pengabdian dari ilmu-ilmunya.
    Semoga setelah lulus bisa mengembangkan ilmu di akademis, jadi peneliti, atau apa ajalah. Yang penting ilmunya tidak basi.

    Dan semoga bisa turut mengembangkan negara Indonesia

  46. aakboy Says:

    ehmmm…
    Sukses = Kerja keras, kerja keras kerja keras kemudian ditutup dengan Doa

    thanks Mr.Togap

  47. ega Says:

    wahh…that’s so great.. March bnr2 jenius… gmn yaa bs mencetak anak segitu hbt nya???

  48. imut fukada Says:

    Alhamdulillah,,,
    ternyata ada lagi salah satu anak bangsa ini menorehkan cat emas di “kanvas” dunia internasional,,,

    semoga kita bisa seperti dia,, ya!!!!
    Amiinn

    So, let’s say it:
    Aku Bangga jadi anak Indonesia !!!!

  49. Aan Says:

    Sebenarnya cerita tentang anak gifted banyak sekali. Salah satunya adalah Imam Syafii yang bisa hafal alquran waktu usah 9 tahun.
    Ada juga baru-baru ini anak timur tengah yang hafal al quran usia 7 tahun. Selidik punya selidik ibunya selalu berwudhu sebelum menyusui. Wah, believe it or not.

    Ada hal-hal tertentu yang memang tidak bisa kita logika:)

  50. Toko Buku Online Says:

    Hebat, dan saya setuju sekali dengan mas Togap Siagian, bahwa semua itu bisa diajarkan.

    Tapi semuanya tetap kembali ke minat seseorang. Jenius bukan berarti jago di segala bidang, karena banyak sekali orang jenius di bidang fisika tapi di bidang musik nol. Ataupun sebaliknya.

    Permasalahnnya adalah bangsa kita ini terlalu menjunjung tinggi pendidikan formal. dan akhirnya kalo ga bisa sekolah mereka menganggap tamat sudah masa depannya. dan ujung ujungnya mereka menyalahkan pemerintah lagi.

    Padahal banyak sekali orang yang sukses tanpa jalur pendidikan formal, karena mereka mengerti arti pendidikan yang sesungguhnya sehingga tanpa pendidikan formal mereka tetap belajar entah dari sumber apapun.

    Semoga bangsa ini dapat mulai mandiri untuk mendapatkan pendidikan bukan hanya sekedar bergantung dari pendidikan formal.

  51. Mey Says:

    Sumpeh dhe…..
    T ank mkn paan yhea??
    Gmn she cra bljrya?

  52. kangtono Says:

    IQ tinggi itu juga nggak bisa bikin orang jadi sukses baik akademik maupun keseharian. Gue sendiri punya IPK 3,12 dari Fakultas Teknik elektro, IQ gue cuma 102 , alias pas2 an. Tapi temen gue yg ber IQ 137 ( mendekati genius,gifted)cuma punya IPK 2,8. Gue jadi bingung kenape ye bisa gitu?

  53. kangtono Says:

    kalo ujian sih gue kaga pernah nyontek atau nyogok dosen. Asli hasil kerja keras sendiri.

  54. yose,tolet Says:

    giLla heBAT baNgET……………
    boRo2 kE hOnGkOnGK K jKaRtA ZhaP LOM pErNah……mAkSuD nA lOMbA….
    GwE sAluT bGetD Mae lOoE…….
    CcCcaYyYOoO……

  55. ndii Says:

    wahhh hebattt bngeddd tuuu …
    patut dicontoh …

  56. SUCI LESTARI Says:

    Semoga nantinya bisa membawa nama baik bangsa..
    ilmunya bermanfaat, dan menjadi orang yang berguna.

    AMIN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 68 other followers

%d bloggers like this: