[Q&A] Kalau Tidak Bisa Menjawab Wawancara Dalam Bahasa Inggris?

Tanya (Upi): Saat wawancara beasiswa yang menggunakan bahasa Inggris, apa yang sebaiknya dilakukan jika tidak bisa menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris?

Jawab (Togap): Dear Upi, terima kasih buat emailnya (pertanyaan ini dikirim ke email saya). Tentu saja sebaiknya semua pertanyaan kamu jawab dalam bahasa Inggris. Apalagi kalau nantinya studi tersebut akan dilakukan dalam bahasa Inggris. Dengan menjawab setiap pertanyaan dalam bahasa Inggris, para pewawancara dapat mengukur (dan tentunya meyakini) kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. Apalagi dari awal sudah diwajibkan untuk mengirimkan nilai TOEFL atau IELTS kamu. Sekarang kan TOEFL (mungkin juga IELTS) ada bagian speaking test nya.

For your info, saat saya diwawancara untuk beasiswa yang saya akhirnya terima, kebanyakan peserta wawancara adalah orang-orang dari Indonesia Timur. Dan mereka menggunakan bahasa Inggris dengan cukup baik. Bahkan salah satu pewawancara memberikan pujian buat satu orang kandidat yang pronounciation-nya sangat bagus. So, usahakan sedapat mungkin pakai bahasa Inggris.

Nah, memang ada satu saat kamu mungkin stuck dan nggak bisa menjawab dalam bahasa Inggris. Walaupun kasusnya agak berbeda, saya pernah akhirnya diminta untuk memberikan jawaban dalam bahasa Inggris. Saat itu saya ditanya,”Berapa nilai TOEFL kamu?” dan saya jawab dalam bahasa Inggris, “Six hundred fifty“. Si pewawancara, nggak tahu kurang jelas atau pronounciation saya jelek, mengulangi pertanyaannya dua kali sebelum akhirnya meminta saya menjawab pertanyaan tersebut dalam bahasa Indonesia.

Kembali ke kasus yang kamu tanyakan, saya rasa sih nggak masalah juga. Asal nggak semuanya kamu jawab dalam bahasa Indonesia. Kamu bisa bilang,”Would you mind if I answer this in Indonesian?”. Moga-moga mereka menjawab “ya”, dan kamu bisa menjawab dalam bahasa Indonesia. Jadi yang penting kamu tanyakan dulu ke mereka apa boleh, nggak langsung kamu jawab dalam bahasa Inggris. Mungkin bisa juga kamu tambahkan alasan kenapa kamu mau menjawab dalam bahasa Inggris. Kalau mereka mengerti alasan kamu, mereka akan lebih bisa menerimanya.

Ingat, seperti yang saya tulis di tulisan sebelumnya, para pewawancara ingin kamu berhasil. Karena itu mereka ingin kamu bisa mengikuti proses wawancara dengan tenang tanpa terlalu merasa tertekan.

Sukses selalu!

32 Responses to “[Q&A] Kalau Tidak Bisa Menjawab Wawancara Dalam Bahasa Inggris?”

  1. Upi Says:

    Mas, matursuwun sanget alias terima kasih atas pencerahan yang diberikan.

  2. friend Says:

    yang jelas tidak boleh di jawab dalam bahasa isyarat, mau sekolah ke luar negeri ngak bisa bahasa inggris, gitu aja kok repot.

  3. novita'31 Says:

    Iya ..bahasa Inggris penting… makanya mau belajar neh..belum terlambat khan? hehehe..

    Salam kenal buat semuanya …

  4. tina Says:

    Salam kenal!
    S.O.S !!!!!!!
    mengenai form beasiswa ads.status saya guru bantu.sebaiknya saya ikut kategori open or public ya?kalau publik memang aproval dari BKLN itu wajib ya?bisa dari dinas pendidikan kota saja ? lalu,pilihan gelarnya lebih baik master research or master coursework? bedanya apa ya?
    thn 2005 sy pernah apply aps dan dipanggil,tapi tdk lulus seleksi.Kalau ADS sdh tiga kali apply belum pernah dipanggil.Apa mungkin saya salah ngisi form ya?
    Please jwb ASAP ya.tgl 3,hari senin sy sdh akan memasukkan formnya.
    Thanx b4 ya bang Togap!

  5. mbahwo Says:

    Wah,, buat OM moderator, saya mau nanya nih, setiapkali saya browse, banyak sekali syarat utama utk beasiswa finance or accounting POSTGRADUATE terutama utk USA & AUS mensyaratkan umur Max 35 thn. sedgkan saya umurnya menjelang 40 th. Nah, kesempatan saya jadi nggak ada dong

  6. Saut Says:

    To Mr and Mrs Moderator,
    saya kepingin banget melanjutkan studi S2 dengan scholarship tentunya. mo nanya seputar pertanyaan saat interview . bagaimana menyikapi pertanyaan “mengapa kami harus memilih anda sebagai penerima beasiswa di antara pelamar lainnya?”
    ditunggu balasannya yup. thanx sebelumnya :)

  7. alia Says:

    Salut deh buat bang Togap.
    Mau sharing nih.. bbrp hari yll, saya diwawancarai untuk scholarship graduate management utk Dalam Negri. Walupun DN, tetap saja mereka meminta utk menjawab dalam panel interview maupun forum grup diskusi dalam bhs Inggris. :)
    So, just be prepared, guys…

  8. suryantara Says:

    matur keso’on gih. danke.

  9. Kornelis R Says:

    Saya berencana untuk mengambil S2 bidang psikologi pendidikan, karenanya saya mohon informasi, lembaga mana saja yang bisa dihubungi untuk mendapatkan beasiswa dalam negeri sesuai dengan bidang tersebut. Terima kasih atas informasi dan sarannya.

  10. anggi siregar Says:

    bank,,,
    aq bingung,,,
    aq sekarang lagi sulit banget kuliah di bidang bioteknologi…
    pengenny sich aq maw nyari beasiswa biar ortuga marah2 klo aq pindah kuliah,,,
    tapi aq bingung maw nyari beasiswa koq nilainy harus gedhe2 amat yag,,,
    ada ga sich bang beasiswa deket2 ini dy ga lihat nilai waktu sma,,,
    alias ntar ad test tersendiri…
    reply asap,,,
    (btw, ini replyny kemana yag???)

    merci

  11. anonymous Says:

    ada dong.. uda cukup sering muncul di milis kok tentang beasiswa ini :)

    but, remember, no free lunch if u want scholarship.

  12. karina Says:

    saya tertarik akan bersekolah di prancis. tapi mungkin karena biaya yang tinggi,saya tidak mampu. apakah Anda bisa mencarikan saya info beasiswa yang tersedia untuk kesana? saya baru akan lulus SMU tahun 2008 mendatang. terima kasih banyak sebelumnya.

  13. karina Says:

    oh ya,kalau tidak keberatan,comment saya bisa dibales ke e-mail saya saja. karinadelita@yahoo.com
    terima kasih.

  14. frida Says:

    bang, aku tuh blom perna toefl
    gmana donk mau ikutan scholarships??
    gmana cara praktis buat tes toefl
    tentunya dapet nilai yg tinggi juga
    thanks alot bang

  15. yoga Says:

    salam kenal Bang Togap…nama saya Yoga..

    Bang, kalau ngatur biar email yang masuk ke inbox saya di yahoo bisa tersaring gmn ya? kategori yang saya inginkan adalah info beasiswa di Luar Negeri (di manapun aja wes..) yang menawarkan kesempatan pada bidang Arsitektur..

    oia, saya baru lulus Oktober kemarin dari S1 Teknik Arsitektur UAJY..pengen lanjut Master di luar negeri, kalo bisa sih di NUS konsentrasi Building Sciencenya..gitu…

    Trima kasih sebelumnya ya Bang atas jawabannya….

  16. sepung Says:

    “apakah Anda bisa mencarikan saya info beasiswa yang tersedia untuk kesana” –> pada males nyari yah, maunya dicariin.. mindset gini ga bener nih, setuju ga bang togap?

  17. sepung Says:

    “bang, aku tuh blom perna toefl gmana donk mau ikutan scholarships??” –> ya blajar toefl, trus ambil tesnya.. suse amat mikirnya (**geleng-geleng kepala)

  18. dinda Says:

    iya si bahasa inggris PENTING banget.
    makanya,, sekarang nii lagi ikut kursus2.
    mogamoga tambah lancarr y.
    doakann. supaya bisa kuliah diluar negri.

  19. dhnita Says:

    Gmn qt bs mendapat letter of acceptance.,?

  20. rijal Says:

    Salam Kenal mas…
    mas Toga ada info gimana caranya kalo ingin dapetin LoA. coz sekarang saya lagi dapat hibah dan persyaratannya harus menyertakan LoA. adapun keinginan saya sekolah yakni si U.S. or UK. mohon petunjuknya mas…
    oya mas mungkin kalo mas Toga ada kontak dengan agen di negara tersebut tolong disertakan ya mas… terimakasih sebelumnya mas….

  21. andhika Says:

    saat ini saya kuliah kedinasan d-3. tapi saya merasa perlu mendapat beasiswa di luar negeri,karena saya butuh lebih dari ini.tolong beri petunjuk apa yang harus saya lakukan pertama kali

  22. imut fukada Says:

    makasih ya atas sarannya,,,
    semoga tahun depan aku bisa lulus tes tertulis & wawancara beasiswa monbukagakusho !!!!
    Do’ain ya ,,,
    Thanks

  23. prambudiii Says:

    saya siswa SMA kelas 3 jurusan IAdan akan lulus pada2009
    saya bingung ingin mencari beasiswa ……. saya mintya pertimbangan dan wawasan
    saya bercita – cita menjadi seorang farmasi
    dan ingin memperoleh beasiswa..

    dimana ya univ yang cocok buat saya dengan beasiswa yang terjangkau pula???

    terimakasih infonya

  24. dharmayanti indra Says:

    saya maunya lanjutin di Cairo university..mesti bisa bahasa arab yaa???mau ambil pharmacy

  25. bambang Says:

    malam, pak mohon info untuk s2 hukum di inggris, kemana saya harus tanya mengenai bea siswanya ? tq

  26. ridhwan Says:

    pagi bang…kalo buat ilmu komunikasi uni d blanda mana ya yg bagus???
    makasi banayak

  27. Willy Says:

    Dear Bung Togap,

    Pertama salam kenal & salute buat Bung Togap. Dari info yg saya dengar beasiswa dari Belanda cukup mudah di dapat dibanding dgn yg lain, benar ngak ?

    saya dari awal sudah bercita2 untuk melanjtkna studi ke Belanda jika ada kesempata dapat beasiswa, kalau Bung Togap tidak keberatan mohon info nya jika institusi yg menawarkan beasiswa ke Belanda untuk bidang civil Engineering.

    Sebelumnya Bung Togap, saya belum pernah test TOEFL sebelum nya, Kebanyakan beasiswa mengharapka kita punya nilai TOEFL dulu untuk seleksi berkas, Saya belum ada nilai TOEFL, truss bagaiamana? , apaa ada beasiswa yg mengizinkan nilai TOEFL kita menyusul kalau kita sudah di nyatakan lulus seleks..

    Tq
    Willy

  28. dita rizky Says:

    kasih contoh cara wawancara bahasa inggris untuk tes masuk SMA donk..
    tolong ya…
    PENTINg banget ne,,
    Makasichh…

  29. Q_jo Says:

    asumsinya begini: bukan orang inggris tapi diajak ngobrol pake bhs inggris, pusing bozz hahahahaa….
    tapi kalo g berusaha kapan bisanya, ya g ??????
    sukses buat mereka yang udah diterima kerja!!!

  30. jinggo Says:

    saya besok akan wawancara guru komputer tapi harus bisa sedikit ngomong bahasa inggis tolong diaksih tip dan caranya

  31. puteri aulia indrasti Says:

    saya bsk mo wawancara b. ing d spenza mjk tolong tips x and cepetan cz- q bth skrg please………………………
    CAN YOU HELP ME???????

  32. Natra Says:

    I like


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 68 other followers

