Lima Langkah Dasar Mencari Beasiswa

Sejak dari awal berdirinya mailing list beasiswa di tahun 2000, ratusan bahkan mungkin ribuan informasi beasiswa telah dibagikan bagi membernya. Kebanyakan informasi tersebut berupa peluang beasiswa yang dapat diperebutkan di manca negara. Tapi tidak kurang pula tips-tips praktis untuk memenangkan beasiswa.

Anehnya, masih banyak pertanyaan yang dilayangkan ke milis beasiswa tentang langkah-langkah dasar untuk mendapatkan beasiswa. Kelihatannya, masih banyak orang yang bingung tentang cara memulai proses mendapatkan satu beasiswa tertentu. Karena itu, saya coba tuliskan langkah-langkah dasar mendaftar beasiswa di blog ini.

1. Membuat Kriteria

Hampir sama seperti mencari pacar, perburuan beasiswa kamu perlu dimulai dengan menetapkan kriteria beasiswa yang ingin diikuti. Nah, menetapkan kriteria ini tentunya didasari oleh kebutuhan spesifik kamu. Kriteria ini perlu kamu jabarkan sendiri. Jadi tanyakan pada diri kamu: “Beasiswa seperti apa yang ingin saya ikuti?”. Jawabannya bisa bermacam-macam, dan tidak perlu sama dengan kriteria yang dibuat oleh orang lain.

Beberapa kriterianya sudah saya coba daftarkan di bawah. Kamu bisa menambahkan sendiri yang relevan buat kamu. Atau kalau mau, kamu bisa mengurangi. Contoh, kalau buat kamu negara tempat studi tidak penting, artinya kamu mau kuliah di mana saja, kriteria lokasi bisa kamu abaikan atau dihapus.

Berikut contoh kriteria yang bisa kamu buat:

  • Level pendidikan: Master (S2)
  • Bidang studi: lingkungan (environmental), biologi, manajemen, atau ekonomi.
  • Lokasi studi: Target utama di Eropa, Amerika Serikat atau Jepang. Negara-negara lain, seperti Singapura, China, Canada, dan lain-lain akan saya pertimbangkan, tapi tidak menjadi sasaran utama.
  • Jumlah beasiswa yang diberikan: setidaknya cukup untuk membayar biaya kuliah (tuition and fees).
  • Ikatan dinas: tidak tertarik untuk mendapatkan beasiswa yang ada ikatan dinasnya.
  • Tambahkan kriteria lain yang kamu rasa perlu.

2. Menentukan Fokus

Dengan adanya kriteria di atas, kamu telah mempersempit pilihan kamu. Tentu saja ini bisa berakibat kamu tidak mengetahui adanya beasiswa yang lain di luar kriteria yang sudah kamu buat. Tapi di sisi lain, ini menolong kamu untuk fokus atas beasiswa-beasiswa yang sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk kriteria yang dibuat di atas, pilihannya tentu saja jelas. Kamu ingin kuliah di negara Eropa dengan bidang studi yang telah kamu pertimbangkan di atas. Fokusnya sekarang menjadi jelas. Kamu tidak perlu, untuk sementara ini, mencari informasi beasiswa dari negara Singapura, walaupun mungkin beasiswa untuk studi manajemen tersedia. Karena kamu telah menetapkan kamu tidak ingin kuliah di Singapura, kamu bisa fokus untuk mencari peluang beasiswa di negara-negara yang telah kamu tetapkan tersebut.

3. Mencari Informasi Beasiswa yang Relevan

Untuk mencari informasi beasiswa yang sesuai dengan fokus kamu di atas, ada dua cara:

  • Mengunjungi website kumpulan informasi beasiswa. Di dunia maya, sudah banyak sekali website yang dibuat untuk mengumpulkan informasi beasiswa, baik untuk dalam negeri, maupun internasional. Website milis beasiswa yang beralamat di www.milisbeasiswa.com adalah salah satunya. Mulai dari informasi beasiswa non-degree (seperti kompetisi esai, travel grant, dll) hingga informasi beasiswa S1, S2 dan S3 tersedia di sini tanpa dibatasi.
  • Berlangganan informasi beasiswa lewat email. Contohnya adalah milis beasiswa dan newsletter beasiswaku. Perbedaan keduanya ada pada bentuk interaksinya. Milis beasiswa adalah forum diskusi dimana semua member dapat mengirimkan informasi dan / atau pertanyaan ke alamat milis tersebut. Moderator bertugas untuk menyaring email-email yang masuk sehingga hanya email-email yang relevan dan mempunyai nilai berita yang dibiarkan sampai ke mailbox para anggotanya. Newsletter beasiswa bersifat satu arah. Ini artinya seluruh informasi beasiswa yang ada di newsletter tersebut dikirimkan oleh moderator. Member tidak dapat mengirimkan pertanyaannya ke newsletter tersebut. Kedua format ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda. Contoh: karena jumlah anggota milis beasiswa sudah sangat besar, jumlah email yang dikirim via milis beasiswa pun sudah cukup tinggi. Ada pelanggan yang tidak mau kebanjiran email di mailbox nya dan hanya menginginkan informasi yang relevan. Untuk pelanggan tipe ini, newsletter adalah format yang terbaik. Tetapi bagi pelanggan yang mau berdiskusi dengan orang-orang yang telah mendapatkan beasiswa sebelumnya, mungkin format milis adalah yang terbarik. Sesuasikan format yang kamu pilih dengan kebutuhan kamu.
  • Mencari lewat situs pencari (search engine). Dibandingkan dengan dua cara yang disebutkan sebelumnya, cara inilah yang paling aktif. Artinya, kamu melakukan sedikit lebih banyak usaha, seperti menentukan kata-kata kunci (keywords) yang ingin kamu cari, memilah-milah hasil pencarian yang sesuai, dan membaca informasi tersebut. Situs pencarian favorit saya adalah Google. Untuk mencari beasiswa tentang lingkungan di Amerika Serikat misalnya, saya akan menuliskan keywords berikut: “environmental” “scholarship” “united states”.
  • Membaca informasi di media cetak. Informasi beasiswa yang muncul di media cetak sifatnya tidak tentu. Kamu tidak bisa memastikan kapan informasi beasiswa tersebut muncul dan di media mana dia akan muncul. Karena itu, sifat pencarian beasiswa lewat media cetak ini pasif. Tentu saja kamu perlu aktif mencari beasiswa yang kamu inginkan, karena itu jangan terlalu bergantung pada media cetak.

4. Pilih Beasiswa yang Paling Sesuai

Semua informasi beasiswa yang kamu kumpulkan itu, tentu saja masing-masing mempunyai persyaratannya sendiri-sendiri. Ada beasiswa yang mewajibkan kamu kembali ke negara asal kamu misalnya, tetapi beasiswa lain mungkin tidak mewajibkan hal itu. Ada beasiswa yang hanya diberikan untuk bidang studi sosial, tapi beasiswa lain mungkin bisa digunakan untuk bidang studi yang lebih umum. Ada beasiswa yang mewajibkan kamu untuk mendapatkan surat penerimaan (acceptance letter) terlebih dahulu, tapi ada juga beasiswa lain yang tidak mensyaratkan hal tersebut. Pilihlah beasiswa yang sesuai dengan keinginan kamu.

Penting: kamu perlu membaca persyaratan suatu beasiswa dengan benar dan pastikan kamu mengerti persyaratan yang dibutuhkan.

5. Persiapkan Syarat-Syarat yang Dibutuhkan

Berbagai persyaratan yang mungkin diminta adalah sebagai berikut:

  • Hasil test TOEFL / IELTS
  • Hasil test GMAT / GRE
  • Pengalaman kerja
  • Surat rekomendasi dari dosen di pendidikan kamu terdahulu atau atasan kamu di tempat kerja
  • Acceptance letter dari universitas yang kamu tuju
  • Surat rekomendasi dari dosen di universitas yang akan menerima kamu
  • Esai (statement of purpose, motivation statement)
  • dan lain-lain…

Pastikan semua persyaratan tersebut kamu penuhi tanpa ada yang tidak. Ingatlah bahwa persaingan untuk mendapatkan beasiswa cukup tinggi. Agar tingkat kemungkinan kamu diterima semakin tinggi, tentu saja kamu harus memastikan semua persyaratan dipenuhi dengan baik. “Dengan baik” di sini artinya dikerjakan dengan sempurna. Contohnya, untuk menulis esai statement of purpose, kamu harus mengikuti beberapa kaidah tertentu. Kaidah-kaidah dan langkah-langkah penulisan esai yang baik itu dapat dibaca di buku “Kiat Memenangkan Beasiswa” (klik di sini).

Kelima langkah dasar beasiswa a la Togap Siagian ini hanyalah langkah-langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk memulai proses pencarian beasiswa kamu. Dengan langkah-langkah yang disebutkan di sini, proses pencarian beasiswa kamu akan dapat kamu lakukan dengan lebih baik.

Jika kamu punya pertanyaan atau komentar, silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah.

77 Responses to “Lima Langkah Dasar Mencari Beasiswa”

  1. Rahmat Says:

    Saya sangat tertarik untuk mendapatkan beasiswa ke Jepang, tapi saya tersangkut kendala karena IPK saya hanya 2,76 saja. Bisa tidak saya mendapatkan bea siswa di bidang mechanical engineering dengan keadaan seperti ini? terima kasih atas jawabannya.

  2. rio Says:

    saya ingin melaksanakan peraktek kerja lapangan ke luar negri yang merupakan salah satu mata kuliah saya, karena tujuan utama saya adalah untuk memperbaiki bahasa asing saya (perancis dan inggris), tapi saya tidak memiliki koneksi dan hanya memiliki uang yang terbatas,bisakah saya memiliki peluang tersebut dan lembaga apa yang bisa membantu saya ucapkan terima kasih sebelumnya atas jawabannya..

  3. Suryadi Says:

    Howdy…

    It is a very beneficial tips…and i hope i can get a scholarship to Russia, germany, or French in major or metallurgical and materials engineering…

    thanks a lot, mas….

  4. dwi anis handriani Says:

    saya sekarang sedang Tugas Akhir , Insya Allah lulus september. saya berharap bisa mendapatkan beasiswa ke amerika atau jerman untuk electrical-engineering spesifik computer science sesuai jurusan saya sekarang. langkah2 atau persyaratan apa saja yg harus saya siapkan teknis maupun non teknisnya. terima kasih atas saran dan infonya…..

  5. Endang Fitriyah Says:

    Sebenarnya bukan hal yang aneh meski sdh hampir 7 tahun milis berdiri masih ada aja yang tanya mengenai tips2 dasar untuk mendapatkan beasiswa. Kalau kita cermati ternyata banyak sekali milister2 baru bermuncullan yang mereka belum pernah baca posting dari milister2 terdahulu.
    Semoga tetap eksis dan terus menelurkan awardees beasiswa

  6. margi nurjanah Says:

    saya senang sekali membaca website mengenai beasiswa, karena saya ingin mendapatkan beasisiwa. tp sy masih bingung mengenai jurusan yg akan sy ambil krn sepertinya jurusan yg sy inginkan tdk ada d singapore. sedangkan sy ingin kuliah d sana karena d sana ada sdr. bgmn ya solusinya siapa tau anda dpt membantu, terima kasih.

  7. M. Indrajaya S Says:

    Sangat senang sekali mengikuti artikel tentang beasiswa. Keinginan saya bertambah besar untuk memenangkannya. Lagi-lagi IPK kecil (2.63) yang menjadi masalah. Saya (28 th) sarjana teknik kimia yang ingin mengambil bidang manajemen. Saluuut buat Bang Togap.

  8. GUGI GUSTAMAN Says:

    THANK
    PAK TOGAP
    SAYA BARU KULIAH SMTR 4
    TAPI PUNYA VISI KEDEPAN BISA SPRTI ANDA
    BISA,KULIAH KELUAR.
    THANK.HATUR NUHUN PISAN KANG TOGAP

  9. Top Posts « WordPress.com Says:

    [...] Lima Langkah Dasar Mencari Beasiswa Sejak dari awal berdirinya mailing list beasiswa di tahun 2000, ratusan bahkan mungkin ribuan informasi beasiswa telah […] [...]

  10. tintin Says:

    Saya sangat tertarik dengan beasiswa ke luar negeri terutama ke Eropa, tapi saya terhambat dengan keterbatasan TOEFL saya yang sangat jelek, skrg si lg ikutan les TOEFL gt, tp belum ada kemajuan yang signifikan. Saya lulusan S1 Hukum UNSOED, klo IP si lumayan, cuma ya itu, TOEFL’y jelek bgt, gmn donk?!

  11. Asri Says:

    trimakasih atas semua infonya
    saya harap saya bisa menggapai impian saya untuk tetap melanjutkan study dimanapun itu berada tapi tentunya dengan beasiswa karna tau sendiri klo biaya sendiri pasti mahal !!! apalagi untuk sekolah diluar!!
    saya senang bisa gabung dengan milis ini karena telah menambah semangat saya untuk terus berjuang!! meraih beasiswa!! walaupun kuliah masih semester 4 dengan planing yang matang dan perencanaan yang bagus mudah2an saja semuanya itu bisa tercapai!! trimaksih mas togap^_^

    Togap: Wah, Asri, semangatnya boleh juga nih. Mumpung kamu masih di bangku kuliah S1, persiapan kamu bisa lebih baik. Baca tips mempersiapkan diri untuk beasiswa selagi di bangku S1 yang saya tulis sebelumnya.

  12. tina Says:

    terima kasih bt bg togap atas infonya. Saat ini saya sedang menyelesaikan tugas akhir kuliah di bidang ekonomi di salah satu universitas swasta. dan saya juga masih baru bergabung di mailist beasiswa ini. Saya punya cita-cita untuk bisa mendapatkan beasiswa. Persiapan TOEFL/IELTS sudah saya siapkan sejak dini. Akan tetapi untuk syarat GMAT itu saya masih awam, apakah dalam mengajukan beasiswa S2 harus selalu menggunakan hasil test GMAT? Walaupun jurusan yang diajukan adalah jurusan ekonomi. Lantas standarisasi GMAT itu bagaimana yah?
    Thanx bfr. Saya tunggu infonya.

    Togap:

    Dear Tina, GMAT hanya diperlukan untuk mengambil gelar master di bidang bisnis (MBA). Jadi GMAT tidak diperlukan di luar MBA program.

  13. Fida Says:

    Saya mahasiswi S1 Pendidikan yang berfokus pada manajemen pendidikannya. Yang mau saya tanyakan jurusan apa yang sesuai jika saya melanjutkan ke jenjang S2 luar negeri,dan universitas mana yang sesuai jika saya mengambil negara Australia sebagai tujuan belajar?trima kasih

  14. Hantizen Says:

    halo, met siang.

    saya hantizen, lulusan S1-teknik kimia ui, depok. saya ingin tanya kalo saya mau lanjut kuliah S2 di jerman bagaimana caranya? apa saja syarat-syaratnya yah? trus biaya hidup kesana berapa yah kira-kira?apakah saya bisa kerja paruh waktu juga saat kuliah? saya minta petunjuk dan mohon bantuannya.

    terima kasih banyak.GBU

  15. Evi Says:

    thanks nih bang, infonya berguna bgt…
    meski sy termasuk terlambat tahu ttg site ini, tp sebenernya ga ada kata terlambat kan?
    sy punya target thn depan untuk dptin salah beasiswa di bid teknik elektro. saya agak khawatir karena sy mulai kuliah dr jenjang D3 (politeknik) n melanjutkan S1 ekstensi di UI. Apa ada pengaruhnya dalam wawancara nanti?
    Kalau ditanya soal itu, alasan2 apa saja yg dapat diterima oleh pewawancara?
    Terima kasih sebelumnya ya…

  16. My name is written on my email address Says:

    Saya sungguh bingung bagaimana harus bersikap nih jadi saya akan lulus September 2007 ini dari sebuah fakultas ekonomi di universitas negeri di Depok, saya mengambil jurusan Manajemen dgn konsentrasi Keuangan IPK saat ini sekitar 3.6.. saya ingin sekali mengambil program MBA di US atau Inggris tapi setahu saya penyedia scholar untuk program itu hanya Sampoerna-Chevening dan Sampoerna-Fullbright dan sepengetahuan saya diperlukan pengalaman kerja minimal 2 tahun untuk kebanyakan program MBA. Setahu saya untuk mendapat kedua beasiswa itu amat sangat sulit lalu apa yg harus saya lakukan ya? Apa setelah lulus saya mencoba-coba apply untuk trial error saja di beberapa beasiswa? Ataukah sebaiknya saya kekeuh dgn tujuan saya itu dan bekerja dulu 2 tahun? Sebaiknya mencoba-coba apply kemana saja ya saya hanya tahu ADS Huygens Fullbright Chevening adakah yang lain? Kalo mau coba-coba program S2 yang paling dekat hubungan dgn MBA apa ya? Selain Sampoerna yang juga memberikan beasiswa untuk MBA apa lagi ya? Mohon bantuan terima kasih banyak.. Bingung niih

  17. Maria Says:

    saat ini saya masih kuliah s1 ekonomi dan pengen bisa segera selesai,tapi ada sedikit kendala kembali masalah money.Saya kuliah sambil bekerja dan sekarang pekerjaan saya belum mampu menutup biaya kuliah.Begitu lulus s1 saya berencana nerusin s2 psikology di luar, gimana cara dapat beasiswa untuk dua-duanya ya?

  18. Palsu Says:

    saya mahasiswa salah satu univ swasta di malang. sekarang ini saya mangambil jurusan peternakan. saya punya cita-cita ingin meneruskan s2 di jepang dengan jurusan teknologi informatika. saya tidak tahu apakah ada jurusan seperti itu, karena saya ini masih sangat aam sekali maalah seperti itu. lalu kalau m emang ada apakah saya bisa? karena jurusan saya saat ini sangat tidak mendukung. tapi saya sangat menyukai dunia teknologi tersebut dan belajar secara otodidak. tolong berikan info pada saya. terimakasih sebelumnya!!!!!

  19. delima Says:

    topik ini bagus bget utk memicu saya utk bisa sekolah lagi,pasti membuthkan biaya yg mahal yah???kira2 ada solusi dgn hal ini??terima kasih bang togap atas motivasi nya melalui topik2 seperti ini,,,,tetapi saat ini saya ingin melanjutkan extension ke S1, jd utk hal ini sy hrs benar2 prepare dr sekrng …

  20. prita Says:

    saya baru akan naik kek kelas 3SMA, untuk beasiswa di luar negeri kan biasanya harus punya hasil TOEFL atau IELTS kalau tidak salah. lalu dimana saya bisa ikut tes TOEFL? apa saat mendaftar sudah termasuk dengan tes TOEFL?

    thx a bunch ^.^

  21. kuncoro Says:

    saya ada cita-cita ambil beasiswa di USA. Apa untuk beasiswa ke semua universitas di USA wajib mendapatkan score GRE. Terimakasih
    Salut untuk milisbeasiswa dan Bang Togap (btw klub belajar TOEFL kapan aktifnya bang)…thanks

  22. drue Says:

    halo!
    baru kali ini saya ikut comment. saya sekarang sedang kuliah s1 keperawatan. saya ingin sekali melanjutkan sekolah keluar negeri terutama Korea Selatan. tapi…saya ingin mengambil prog studi yang sama sekali berbeda dengan background s1 saya, yaitu bahasa Asing. Nah, adakah kemungkinannya saya mendapat beasiswa??
    O ya, rasaya beasiswa untuk mahasiswa keperawatan masih agak jarang yah?? saya agak kesulitan mencarinya, walaupun sudah dibantu search engine^^. ada tips untuk mencari beasiswa?? Bang Togap, sarannya keren euy! thanks a lot!

  23. wiNa.. Says:

    sianG..^_-..
    SaLaM_kNL..
    SAyA_mSh_BiNggung tNtAng_CaRa_MnDApAtKaN bEaSiSwA..
    SeBeNaRnYa.. UsIa SaYa MaSiH dIni UnTUk meNdApAtKaN bEaSiSwA..
    tP_gK AdA sAlAhNyA kLo nyArI-NyArI bWt NaMbAh ILmu..
    He2^_-..
    SaYa_mAsIh_SmA kLs_XI..
    SaYa mAsUk Di KeLaS sTaNdAR iNteRNasIonaL..
    SaYa_InGin_MnDaPaTkN bEaSIswA PaS mAsUk Ke unIVerSiTaS.. gItu.. BaNtUin DoNG…
    sAyA mAsIh BinGUNG CaRa mENdApAtkN BesISwA..

  24. widya Says:

    selamat pagi,.
    saya mahasiswi univeritas riau jurusan teknik sipil,..
    saya sangat senang bisa bergabung dengan dengan milis ini karna selalu bisa memotivasi saya setiap kali membacanya, saya sangat ingin mendapatkan beasiswa s2 baik di dalam atau di luar negeri(saya mempunyai ipk 3.2, sekarang telah semester 6) namun saya sering merasa pesimis, karna apa mungkin seorang yang hanya lulusan universitas yang tidak favorit di indonesia seperti saya bisa bersaing mendapatkan beasiswa,apa kiat kiat yang harus saya lakukan pak togap?..trimakasih sebelumnya

  25. AJIR LUBIS Says:

    salam kenal ya bang Togap. saya ini masih kuliah S1 disalah satu universitas swasta di Jogja. saya ingin sekali memperoleh beasiswa ke Australia. teman saya Scott ingin sekali saya bisa dapetin beasisawa bang. scott sekarang masih kuiah S3 nya di Griffith University. tapi saya sangat pesimis sekali bisa dapet beasiswa ke sana. bang,,apakah abang punya tips-tips untuk saya? makasih banyak ya bang

  26. Falasev Says:

    saya masih kul S1, n skrg saya pengen banget ngelanjutin S2 di LN, yg mw saya tanyakan apa syarat S2 di LN harus punya
    pengalaman kerja, tolong dijawab yg, saya yg masih bingung itu. thanks

  27. balckmimi Says:

    Dear Bang Togap..
    thanks utk tips2 mendapatkan beasiswanya, saya sangat tertarik sekali untuk mencoba, tapi sy tinggal di daerah, untuk mengurus dokumen2 agak ribet…apalgai utk tes TOEFL, harus ke Jakarta/Surabaya. Apakah ada kiat2 tertentu supaya bisa sukses mengikuti tes TOEFL tanpa harus mengulang? Soalnya teman saya punya pengalaman terbang jauh2 ke Surabaya untuk ikut Tes TOEFL, ternyata hasilnya 540 (kurang 10 point). Thanks before ya Bang Togap….

  28. Inne Says:

    Dear Bang Togap,
    What you’ve done so far is truly inspiring.
    Btw I need your suggestion about my plan.
    There is an opportunity to apply scholarship provided by Fullbright. Unfortunately one of the requirements said that the applicants are not supposed to be older than 29 years old while now I’m 29 years old. Should I proceed my plan? I thought that would be okay but then I rethought I don’t want to waste my time for limited certainty.
    Your experience will surely wider horizon.
    Thanks a lot before.

  29. ali mustaqim Says:

    saya tertarik sekali

  30. Nia Says:

    Halo Bang Togap,
    Tahun ini rencananya aku mo coba apply beasiswa ADS lagi (untuk yang ke 3x). Emang agak aghhhhhh rasanya alias nelongso gitu lho……. soalnya gagal dan gagal lagi.

    Tapi….bisa ngga yah, aku apply sementara sekarang aku lagi di Perth ikut suami yang lagi study (beasiswa ADS juga).

  31. verdy Says:

    hallo bapak ibu …
    1. saya mau dapatkan soal soal toefl s2 ui, soal test toefl ui sama dengan test toefl lia pramuka.
    Kalau ada bapak ibu yang punya bank soal soal toefl tersebut tolong kirim dong
    Tolong kirim ke emailkita
    2. Alamat email bk. togap ada yang tau ngak, kalau ada kirim ke kita dong…

    thank

    verdy

  32. devi risti kurniasari Says:

    aku pengen banget dapat beasiswa ke jerman . aku sekaang aku masih duduk dikelas 3smp . gimana ya caranya?? .oh, ya bakaTKU ITU NULIS NOVEL?CERPEN

  33. devi risti kurniasari Says:

    aku pengen banget dapat beasiswa ke jerman. Aku sekaRang aku masih duduk dikelas 3smp . gimana ya caranya?? .oh, ya bakaTKU ITU NULIS NOVEL?CERPEN

  34. Arifin Trisanyoto Says:

    saya sangat pengin studi di Jepang tentang Teknologi pengelolaan sampah, mungkin baru bisa saya laksanakan pada tahun 2009, karena tahun ini saya baru akan mulai studi S-2 di dalam negeri tentang hal yang sama bagaimana caranya agar niat saya tsb kesampaian, tentu saja dengan fasilitas beasiswa luar negeri dari ADS

  35. raden Says:

    um..
    dream can make us fly away..
    but..
    i just want to proove my dreams..
    that it will be reality..
    to get a scholarship..
    not only say..
    “i want” but..
    achieve it!!

  36. elfarid Says:

    Informasi adalah sangat penting dalam memperoleh beasiswa karena terlambat sedikit saja hilanglah kesempatan yang ditunggu. Apalagi ada beasiswa dengan batasan umur, bila terlambat dan misalnya tahun depan sudah tidak masuk batasan umur silahkan kecewa.

    Kunmci untuk mendapatkan informasi yang cepat yaitu membuat jaringan informasi dan menjalin silaturahmi dengan kawan-kawan.

    Selamat berburu beasiswa.

    NB: Bila ada yang punya info beasiswa S3 (dalam negeri saja) silahkan kontak saya: elfarid at telkom.net

  37. vivien anastasya Says:

    Horas,, pak!!

    Saya bru saja lulus dari SMA dan saya sangat ingin mendapatkan beasiswa ke negara jerman.Apa Bapak boleh memberitahu informasi tentang hal tersebut? Apakah beasiswa untuk program kedokteran itu ada?

    Setahun ini saya sedang dalam persiapan untuk keberangkatan ke sana. Saya juga kurang tahu universitas apa di jerman yng memberikan program beasiswa pada pelajar indonesia. Dapatkah Bapak memberikan informasi mengenai hal tersebut??

    Saya sangat menunggu informasi ini, karena saya benar – benar tidak punya informasi ttg hal tersebut. Dan saya harap, Bapak sudi membantu memberi solusi yang terbaik.

    Syaloom!!

  38. icha Says:

    saya masih kelas xi tapi saya ingin mempersiapkan sejak dini keinginan saya untuk kuliah diluar..tapi saya bingung bagaimana caranya semoga…bisa bantu saya thanx..

  39. safinatun_najah Says:

    aku lulusan SMA tahun ini dan sekarang q ikutan kursus komputer.Kan ada persyaratan hrs da surat rekomendasi dari dosen,pengalaman kerja,dll gmn crnya?????

  40. niki sae Says:

    Bapak/Ibu yang terhormat . tolng bantu saya mendapatkan beasiswa ke luar negeri karena hal ini sangat berarti buat saya.jangan lupa kirimi saya email ya pak/bu.

    Terima Kasih Banyak

  41. verinoca Says:

    hai….., saya adalah mahasiswa d3 accounting di jkt.
    trus rencananya sih saya mau meneruskan study ke Jepang ambil s1 disana, bisa gak yah…?
    jujur saya ingin sekali belajar bahasa jepang or inggris gitu.
    dan jg ambil bidang ekonomi management disana.
    trus gimana yah cara mendapatkannya??

  42. Susie Says:

    dengan hormat,
    saya skrang kuliah di D3 akuntansi UGM angkatan07.saya pengen banget bsa dapet beasiswa keluarnegeri.Tapi bhs.inggris saya belum terlalu baek.saya mau kursus bhs.inggris dulu untuk beberapa waktu sampai lulus d3.apakah ada beasiswa luar negeri dari d3 tranfer ke s1??kalau tidak,bukankah saya harus transfer dulu keS1??dengan kerendahan hati,mohon jawab pertanyaan saya..
    terima kasih.

  43. as3 Says:

    mmm… sebentar lg saya lulus S1 dari kedokteran gigi…
    dan saya berencana untuk melanjutkan ke S2..
    tapi saya bingung jurusan S2 apa yang harus saya ambil..
    apa jurusan S2 itu harus ada dasar S1-nya?
    dan ada saran apa yang bagusnya saya ambil?
    dan sebenarnya ada keinginan untuk belajar ke beijing buat belajar bahasa mandarin (it means i can’t speak mandarin which is usually the condition to get the scholar)…so any advise how can i get scholarship to beijing?
    please reply…
    your kindes is very expected…
    thanks..

  44. Me Says:

    Salam kenal,saya saya sangat ingin sekali melanjutkan s2 dgn program beasiswa di eropa,saya tertarik sekali untuk jurusan Master in Art,Communication,and Cultural Studies.Tolong berikan sy info ttg ini,terutama bg yg sdh brpenglaman di program yg sm.
    Thx.

  45. deby Says:

    halow.tolong cariin dong tyentang beasiswa di singapura untuk jurusan desain grafis/desain komunikasi visual buat univ raffles juga apa ada yang termasuk biaya hidup?Thx so much

  46. winida albertha simbolon Says:

    Halo, Bang Togap..
    Sori, nih, aku termasuk pendatang baru disini, tapi tertarik untuk bergabung…
    Aku berminat cari beasiswa di luar. Sebagai ilustrasi, aku lulusan dari sekolah kedinasan STIS (sekolah Tinggi Ilmu Statistik). Baru jalan dua tahun bekerja, sekarang penempatan di salah satu kabupaten di Sulawesi Utara. Saya ingin mulai mencari-cari info dan mencoba-coba kesempatan beasiswa, hanya saja kendalanya kurang informasi karena disini fasilitas internet masih jarang, lambat dan mahal.
    Selain itu, instansi tempat saya bekerja mensyaratkan baru boleh mengambil beasiswa pendidikan setelah 4 tahun bekerja, sedangkan saya baru jalan 2 tahun. Yang ingin saya tanyakan adakah program beasiswa yang test-nya dapat diikuti saat2 sekarang ini, kemudian jika lulus dapat diambil setelah syarat 4 tahun bekerja itu dipenuhi?
    Kemudian saya juga ingin menanyakan tentang beasiswa Erasmus Mundus, karena saya baru sedikit mengetahui tentangnya, pasti bang Togap lebih banyak mengetahui tentangnya.
    Dalam syarat-syarat beasiswa S2, biasanya salah satunya disebutkan syarat lulus S1. Untuk saya yang merupakan lulusan D-IV ini apakah ada pembedaan?
    Terima kasih sebelumnya untuk menjawab pertanyaan saya yang awam ini..
    Terima kasih juga telah menyediakan media informasi ini…

  47. RIDOWAN Says:

    BAGAIMAN CARANYA UNTUK MENDAPATKAN BEASISWA ITU SEDANGKA SAYA MASIH KELAS 1 SMKN1 TOLONG

  48. awa Says:

    Assalamu alaikum
    Saya lulusan S1 keperawatan usalah satu universitas negeri. Dan sekarang sangat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Saya sudah browsing ke beberapa situs di internet dan tetap masih agak bingung. Saya telah menetapkan kriteria tuk mengambil S2 critical nursing di Aussie..Mohon info dan bantuannya.

  49. Sheila Says:

    Hi, saya mau tanya gimana mengenai scholarship buat short program aja seperti summer course, apa ada infonya?
    Kebetulan saya masih duduk di bangku undergrad di Social and Political Science salah satu Univ negri di Depok.
    Best Regards,
    Sheila

  50. Julio Says:

    gua juga lagi cari beasiswa tolong infonya. email ku;
    vique10@yahoo.com

  51. Kemas M Buyung Akbar KJ Says:

    Ass, Saya Buyung, lulusan S1 Hukum UNSRI, kini sudah bekerja >2 tahun di PMA Jepang sebagai HR & GA. cita2 saya ingin sekali meneruskan sekolah S2 di dalam negeri apalagi di luar negeri. tolong bantu cara untuk mendapatkannya ?? terima kasih moderator.wass

  52. wike andre Says:

    trimakasih atas sarannya…karena saya punya obsesi bisa sekolah keluar negeri. saya mahasiswa peternakan brawijaya malang semester empat yang minim informasi tentang kuliah di luar negeri. saya ingin sekali belajar dinegeri orang tapi IPK saya saat ini 2.9, apakah bisa? dan saya harap anda bisa merekomendasikan perguruan tinggi yang cocok dengan bidang studi saya produksi ternak?sebelumnya terimakasih banyak atas tanggapannya

  53. mademoiselle Says:

    ada ga yah yg mau ngasih beasiswa art di jerman?
    soalnya kebanyakan beasiswa yg ditawarkan klo ga eko, sos, yang begitu. yang seni?

  54. ita Says:

    to: mademoiselle
    wah, saya juga sedang cari tuh beasiswa art, design & multimedia. emang sih kebanyakan beasiswa buat pelajaran2 eko, sos, bisnis, manajemen, dan sejenisnya. tapi dari hasil googling, ada sih yg kasih beasiswa utk art meskipun jarang, dan kebanyakan dari sekolah ybs. saya sih ‘nemuin’ beasiswa dari sekolah amrik yg saya incer. tp blm berani apply krn saya masih mau nyiapin diri buat toefl & portfolio.

    oiya tambahan utk yg berminat melanjutkan ke sekolah seni, selain sarat2 di atas, kita jg harus nyiapin portfolio/hasil karya dari karya2 terbaik kita yg sesuai dg jurusan yg kita inginkan.

    to: bang togap (maaf ga ikutan panggil ‘mas’, considering your name ^.^ )
    sebenernya saya aga telat nih mau ngelanjutin sekolah & ikut beasiswa ke luar negri. umur saya udah 31 dan udah kerja di bidang multimedia selama hampir 9 th sbg flash animator (sblmnya jadi desainer grafis & illustrator). lulus SMA (th 95) saya ambil D1 desain grafis dan punya rencana mau ngelanjutin sekolah setelah 2-3 thn kerja pake duit sendiri, ga taunya malah bablas keenakan kerja. love the job, love the sphere, love the salary *twink*. it’s really my comfort zone.

    skrg ini saya ingin meninggalkan comfort zone saya itu krn meski menyenangkan lama2 saya merasa ketinggalan. selain stuck, ilmu saya ga berkembang sepesat waktu awal2 kerja, keahlian saya juga ga maju2, udah banyak yg lebih jago dari saya. maka dari itu saya mau sekolah lagi, nimba ilmu lagi. sedikit agak terlambat memang, tapi lebih baik terlambat drpd ga sama sekali bukan? dan saya inginnya sekalian sekolah di LN, biar ga tanggung2. sekalian nanti mau ambil juga program S2nya, kalo bisa ;)

    yg mau saya tanyakan adalah, bisa gak sih org seumur saya ambil beasiswa S1? (biasanya seumuran saya ini harusnya udah S2 atau S3 ya? hehe…) kalo salah satu syaratnya hrs ada transkrip nilai & minimal IPK sekian, apa transkrip diploma saya berlaku (ga pake IPK, cuma nilai2 aja)? atau saya harus spt anak SMA yg baru apply S1 dg menyertakan copy ijazah SMA? mohon pencerahannya :)

    *sorry ni komen jadi panjang banget. bisakah kita diskusi via email? terima kasih :)

  55. nila Says:

    Saya skrg sedang menyelesaikan tugas akhir dan sebentar lagi akan selesai. Sekarang ini saya sedang mencari2 beasiswa untuk melanjutkan ke S1 tapi saya masih binggung website apa saja yang bisa saya buka untuk mencari beasiswa. beasiswa yang saya cari hanya di sekitar bandung dan jakarta, saya ingin sekali bisa langsung melanjutkan kuliah ke S1 ini karena saya juga tidak bisa memaksa orang tua saya untuk mengkuliah saya lagi karena kuliah D3 ini saja, saya mesti pontang panting jg cri biaya untuk kuliah.
    mohon saran nya , thx

  56. hayu Says:

    mohon kesediaanya untuk mengirim informasi beasiswa untuk program kuliah S1 fakultas Syariah ekonomi

  57. Krisya Says:

    Saya mw nanya,saya ni ank smp kls3..apakah adakah program beasiswa bgi ank smp atw sma keluar negeri..krna saya ini sneng bngt m b.inggris..trimksh.tlong bls demail saya ya.

  58. dhewalz Says:

    mkasih infonya :)
    bermanfaat banget banget

  59. hanya jijot :d Says:

    hai bang togap :D (permisi ya ikutan panggil bang, soalnya cocoook xd)

    senangya waktu browsing dapet milis ini, serasa dapet pencerahan, thanks ya bang! hehe

    bgini bang, saya mahasiswi s1 jurusan teknik lingkungan di bandung semester3. nah, sebenernya pertanyaan saya ada yang sama kayak yang di atas juga, he, sori kalo menuh2in, ini nih, kalau mau ambil beasiswa s2 tapi beda program studi bisa g?
    ingin ambil graphic design di jepang nih! kalo enggak ya dkv-nyaaa… nah, g nyambung kaaan?:d sedangkan di salah satu syarat, ada:harus sesuai dengan disiplin ilmu sebelumnya. nah lo… :p

    mm, sebenernya masih banyaaak sekali yang mau saya tanya, tapi berhubung masih liburan, jadi saya memang belum sharing sama dosen wali dan sebagainya… (hm, kalau masih semester3 paling masih disuruh fokus dulu ya???/:[ tapi ini bener2 impian saya bang, naluri saya bilang saya harus bergerak dari sekarang, hahaha ):D) saya juga baru sempet cari info dari 2-3 hari kemarin, alhamdulillah udah dapet lumayan banyak bahan :D soalnya emang getol banget nih!!! jadi… 4 dari 5 langkah di atas udah saya lakukan bang, cuma belum ‘dengan baik’ saja, hehe

    nah, saya bakal senang sanget nih kalau bang togap mau nemenin saya sharing via email :D (ym juga boleh deh kalau bang togap seringnya buka ym :d saya sih jarang, hehe)
    makasih sekali lagi bang, permissiii… :B

  60. hanya jijot :d Says:

    wah!!! ternyata post dari saya panjang sekali!!! minta ampuuun… emang suka g sadar kalo ngepost… xd

  61. hasan Says:

    saya kuliah di poltek..
    dan ipK saya 3.2…
    saya ingin mendapatkan beasiswa melalui perusahaan-perusahan…
    tlom beritahu caranya yh Pak…
    tHanks

  62. calvin martin Says:

    saya punya kakak, dan beliau sudah lulus S1 dengan IPK 3,47…
    Kira-kira bapak bisa mencarikannya tidak, beasiswa S2 jurusan hukum bisnis. KAlau bisa, di luarnegeri…. dan beliau juga mempunyai klasifikasi yang luarbiasa. Terimakasih banyak ….

  63. SUDARMIN.SHI Says:

    HARAPAN MENDAPATKAN KULIA S2.APAKAH HANYA MIMPI..SIAPA YANG PEDULI KAWAN DENGAN KONDISI EKONOMI YANG MELILIT KEHIDUPAN INI

  64. annisa F. A Says:

    saya seorang siswa sma kelas XI IPA , sesudah lulus saya ingin melanjutkan kuliah di korea , jurusan kedokteran . bagaimana caranya supaya saya mendapatkan beasiswa ?

  65. bete Says:

    saya siswa kelas XI ia tp saya di kelas paling bodoh,,, apa mungkin bisa dapat beasiswa???

  66. zefilia primadani Says:

    assalamu’alaikum……
    saya siswa kelas xi ia, saya ingin mendapatkan beasaiswa kuliah di jurusan pertambangan,, saya ingin sekali bekerja di pertambangan minyak bumi atau batubara,, bagaimana caranya saya bisa mendapatkan beasiswa tersebut???? dan syarat-syarat apa yang harus saya penuhi???
    yang tau mohon bantu saya di email saya lialylaku@gmail.com
    terimakasihhh….

  67. unik pitasari Says:

    saya seorang siswa sma kelas XI IA . sesudah lulus nanti saya ingin mendapat beasiswa jurusan guru. mohon info dan bantuannya…….

  68. tari Says:

    saya ingin mendapatkan beasiswa, s1 sekarnag say sudah kuliah di itats surabya mohon bantuanya, kalau tidak da beasiaswa keja pun gx masalh yg penting dapat membiayai kuliah sya
    mhon bntuanya

  69. Virin Says:

    saya mencari beasiswa S1 ke jepang dengan jurusan DKV, bila ada informasi mohon dibantu…

  70. Tri Tomi Yulio Says:

    salam bang togap, saya mencari beasiswa S1 bidang Science ke jerman, tapi saya masih kesulitan untuk jurusan apa yang harus saya ambil, mohon rekomendasinya, science tetapi bukan kedokteran bang, lingkup fisika saja, tolong yah bang, kalau bisa infoin ke e-mail saya sekalian sama daftar universitas, penyedia beasiswanya serta syarat-syaratnya, sekarang saya masih kelas X akselerasi di sebuah SMAN di kab. Bandung jawa barat

  71. ka kak Says:

    Saya lulusan D3 perbankan UI dan ingin sekali mendapatkan beasiswa di spore dan sambil bekerja. Saya ingin tau bgm cara nya dan brp biaya hidup rata2 disana ? Mohon informasinya dan Trmksh .

  72. priyo Says:

    Saya ingin kuliah di luarnegeri??????

  73. idayu Says:

    maaf, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan tentang beasiswa
    1. apa ada beasiswa fashion?
    2 jika ada, apakah ada ketentuan-ketentuan khusus?
    3. dan apa saja sarat-sarat untuk memperoleh beasiswa tsb.
    trimakasih
    sudikira nya anda membalas pertanyaan saya.

  74. Hairiah Riya Says:

    apa kh emang ada persyaratan khusus bahwa pendaftar beasiswa harus aktif di organisasi???

  75. Arda Says:

    Sy sangat berharap bs melanjutkan kuliah S2 di australia, tp terkendala biaya..ipk lumayan wktu S1 3,61 ,tp toefl msh kurang. apa yg hrs kulakukan. mohon bantuanx .thanks

  76. zhang xin yuan Says:

    Saya ingin melanjutkan kuliah kebeijing dalam pengambilan bahasa mandarin..
    Kemungkinan saya lulus sekolah menengah atas tahun 2014..
    Karena saya tidak punya biaya yang cukup buat kesana apa saya bisa mendapatkan beasiswa tersebut…
    Mohon jawabannya..
    Terimakasih atas perhatiannya


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 74 other followers

