Bagaimana Cara Melamar ke Sekolah di Luar Negeri?

Sedang mempertimbangkan untuk kuliah Master di luar negeri? Caranya sebenarnya mudah, kalau anda tahu beberapa hal berikut. Pertanyaan berikut datang dari seorang member milis beasiswa.

Dear Milis Beasiswa:

Saya butuh info tentang cara melakukan aplikasi untuk melanjutkan sekolah master di luar negeri. Dari info yang pernah saya dengar, untuk mendapatkan beasiswa master di luar negeri, maka pertama-tama kita harus aplikasi dulu ke dosen yang ada di univ yang kita tuju. Tapi yang saya takutkan ialah, jika ternyata kita diterima dan tidak ada beasiswa, berarti kita tidak bisa sekolah di sanakan? Jadi yg ingin saya tanyakan:1. Cara aplikasi2. Apakah jika kita sudah diterima dan kita meminta beasiswa, kita sudah pasti mendapatkan beasiswa tersebut?Kayaknya segitu dulu. Terima makasih! Ria

Dear Ria:

Info yang kamu dengar itu bisa dibilang 50% benar. Untuk mendaftar kuliah master umumnya tidak perlu menghubungi dosen yang ada di universitas yang dituju. Tapi dalam keadaan tertentu, hal ini bisa juga terjadi. Misalnya universitas itu menawarkan beasiswa tingkat Master yang berhubungan dengan riset. Karena riset biasanya sifatnya spesifik dan perisetnya dibayar (atau mendapat beasiswa), maka calon mahasiswa harus menghubungi dosen yang bersangkutan terlebih dahulu. Melalui proses ini, dosen itu bisa melihat apakah mahasiswa tersebut mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang sesuai dengan riset yang dijalankannya.

Untuk program lain, umumnya kamu tidak perlu menghubungi dosen ybs. Cukup mengirim lamaran biasa. Sekarang dengan adanya Internet, umumnya universitas universitas tersebut sudah memasukkan file form aplikasi di website mereka. Kamu bisa download lalu kirim via pos biasa atau fax.

Aplikasi kuliah Master biasanya membutuhkan surat referensi. Surat referensi ini bisa dari dosen (kalau masih kuliah) atau atasan anda (kalau sudah bekerja). Yang lebih sering adalah diminta surat referensi dari mantan dosen dan atasan kamu. Biasanya minimum dua dari dosen dan dua dari atasan. Karena tiap tiap universitas punya peraturan yang berbeda, perhatikan baik baik apa yang dimintanya.

Surat referensi itu sudah ada form nya di form aplikasi kuliah. Apa yang ditulis oleh pemberi referensi seharusnya bersifat rahasia, kamu tidak boleh membacanya. Surat ini dimasukkan dalam amplop tertutup kemudian dikirim.

Selain surat referensi yang juga penting adalah hasil tes tes standar, seperti TOEFL, GMAT, GRE. Jauh jauh hari sebelum melamar di sekolah tertentu, lakukan riset untuk melihat berapa nilai TOEFL atau GRE atau GMAT minimum dan rata rata yang diterima di sekolah tersebut. Biasanya ini bisa jadi acuan yang bagus.

Setelah diterima oleh universitas tersebut, bisa jadi mereka meminta anda untuk diwawancara. Sewaktu di Indonesia, saya diwawancara oleh salah satu sekolah di Texas lewat telepon. Waktu itu di Indonesia jam 11 malam. Bayangkan pusingnya wawancara jam segitu pakai bahasa Inggris lagi.

Mengenai beasiswa, pada saat kamu dinyatakan diterima mereka akan memberitahukan apakah kamu mendapatkannya atau tidak. Biasanya ada surat khusus yang menyatakan bahwa kamu menerima beasiswa dalam jumlah berapa dan pada waktu kapan diberikan. Sebagai contoh, saya mendapatkan tuition waiver sebesar $10.000 yang dibagi dalam tiga quarter (fall, summer dan spring) ditambah Graduate Scholarship sebesar $3.750 untuk summer quarter. Kebetulan sekolah saya memakai sistem quarter. Dana itu tentu saja tidak pernah saya lihat, karena langsung dibayarkan oleh jurusan saya ke universitas.Kalau berani sih, walau tidak dapat beasiswa, datang saja. Biasanya di sekolah kamu, kamu bisa bekerja. Pilihannya bermacam macam. Atau siapa tahu ada beasiswa lain yang belum diinformasikan.

Semoga berhasil!

About these ads

32 Responses to “Bagaimana Cara Melamar ke Sekolah di Luar Negeri?”

  1. horionsah Says:

    dear milis beasiswa
    saya sebenarnya lulus April 2006. lalu saya mengikuti program Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada hingga Maret 2007 ini. Saya ingin melanjutkan study saya dengan bantuan beasiswa. Hanya saja hampir berbagai beasiswa yang saya tau membutuhkan minimal 2 tahun pengalaman kerja. Saya pernah ditawarkan pemerintah daerah saya untuk melanjutkan S2. hanya saja saya perlu mendapatkan letter of acceptance terlebih dahulu. bagaimana cara saya mendapatkannya?
    cukup sekian dulu
    terima kasih

  2. maria Says:

    bang togap…aku mo nanya…rat2 jenis beasiswa yang ditawarkan selalu relates to social..ato yang bisa diabdikan pada negara asalnya,..aku dari deain komunikasi visual sebenernya pingin memperdalam yang gak jauh2 dari desain ato seni,ato marketing kommunikasi…..mohon informasinya dunk bang togap!!!…aku belom dapet2 yang sesue ma yang aku pinginin, Btw aku lulusan th 2006 kmr.Thanks ya!!!!

  3. Miamiaw Says:

    Salam kenal. ;) Bang Togap, Mia lagi bingung, cari beasiswa setelah lulus kuliah & sambil kerja itu benarkah lebih sulit dari cari pas masih kuliah? Coz benernya Mia dah nyari dari SMA tapi oleh karena ga tau nyarinya kemana, akhir2 ini aja baru bisa nyari dengan serius tapi belum ada titik terang. Jadi yang kutanyakan:
    -Benarkah buat cari & ngurus beasiswa akan lebih sulit kalo dah lulus kuliah?
    -Benarkah cari beasiswa pas dah di luar negeri lebih sulit dapetnya daripada nyari waktu masih di Indonesia?
    -Kebanyakan beasiswa meminta penerima beasiswa buat balik ke negeri asalnya, apa semua beasiswa memang gitu ya?
    Thanks a lot before ya, Abang.

    Mia

  4. milisbeasiswa Says:

    Mia:

    Benarkah buat cari & ngurus beasiswa akan lebih sulit kalo dah lulus kuliah?
    Kok kayaknya nggak begitu ya. Kalau kamu pengen mencari beasiswa S2, justru kebanyakan beasiswa yang ada di Indonesia mensyaratkan kamu sudah lulus kuliah dan bahkan sudah bekerja.

    Benarkah cari beasiswa pas dah di luar negeri lebih sulit dapetnya daripada nyari waktu masih di Indonesia?
    Ah, nggak juga. Ada banyak orang yang dapet beasiswa sesudah di luar negeri.

    Kebanyakan beasiswa meminta penerima beasiswa buat balik ke negeri asalnya, apa semua beasiswa memang gitu ya?
    Kalau beasiswa – beasiswa standar, seperti Fulbright, ADS, DAAD, dan Stuned sih iya. Tapi kalau beasiswa dari pemerintah Singapura nggak juga tuh. Beasiswa dari Swedia juga nggak. Semuanya kan tergantung tujuan beasiswa tersebut diberikan. Yang penting, perhatikan persyaratan beasiswa tersebut.

  5. Avis Says:

    gw mau nanya nih, gw sekarang umur 35 th tapi pingin ngelanjutin s2 di kanada apa bisa untuk orang seumurku dan gimana caranya?

  6. vivin Says:

    Salam Kenal Bang Togap,,, saya vivin pelajar SMA kelas 3. saya memerlukan beberapa bantuan informasi dari Abang bagaimana supaya saya bisa mendapatkan beasiswa yang saya inginkan untuk melanjutkan sekolah dan study saya ke luar negeri. Terimakasih

  7. adiez Says:

    Dear Bang Togap,
    saya hendak apply beasiswa S2 ke aussie tp terganjal dgn jurusan yg kebanyakan menghendaki band score not less than 6 for ielts. Jujur saja, nilai ielts sy overall 6.5 (tp ada satu score 5 di writing). Kira2 gmn?
    Mohon infonya jurusan or study apa yg bisa sy apply..

    trims

  8. Azwardi (Ardi) Says:

    Salam kenal bang… Semoga abang dan keluarga selalu sehat dan dalam keadaan bahagia tentunya. Amin. Saya Azwardi asal Jambi dan tinggal di Jakarta, alhamdulillah saya baru selesai S1 dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada Fakultas Syari`ah & Hukum Konsentrasi Perbandingan Hukum. Saya ingin menanyakan, apabila saya melamar S2 bidang perbandingan hukum di universitas terkenal Amerika, apakah saya diwajibkan mengikuti test seleksi penerimaan? Kalau iya, apa saja testnya? Dan kalau tidak, apakah saya pasti diterima? Selain itu, bagaimana cara mudah mendapatkan biaya siswa full selama kuliah di Amerika? Terimakasih bang atas jawabannya.
    NB : Saya juga sangat mengharapkan semua informasi yang berkaitan dengan S2 Perbandingan Hukum di Amerika dari pihak-pihak yang sedang/telah menyelesaikan S2 Perbandingan Hukum di Amerika. Tolong hubungi saya
    di no : 085280019700.
    Terimakasih atas semua informasinya.
    Semoga orang-orang yang memiliki cita-cita dapat menggapai cita-citanya. Amin.

  9. Rian,,, Says:

    bang!!!! ,,saya mau kuliah di luar negri neeh,,,,tapi kemampuan untuk pembiayaan kurang,,,,kira2 ada g’ beasiswa untuk pelajar indo yang belajar keluar neri untuk tahun ini?????,,,,,blz ya bang

  10. reynold Says:

    dear milis beasiswa
    Saya baru lulus SMA tahun ini dan saya pingin bgt kuliah di luar ngambil jurusan hukum.Jujur aja cita-cita saya pingin jadi hakim, tapi saya bingung bisa di pake apa ndak ya ilmunya di Indonesia? dan yang pasti sih aku pingin dapet beasiswa full.Tlg informasinya terima kasih

  11. eryc9 Says:

    Ass. Kak Togap… saya mau tanya bagaimana cara mendapatkan beasiswa ke universita di Spanyol,inggris dan negara eropa lainnya…tapi yang S1 jurusan kedokteran ya kaka!!! please jawab dan balas dan kirim ke e-mail saya ya :
    d_fany_real@yahoo.com

  12. ellen Says:

    tolong kirimin form apply beasiswa ke email saya. thk

  13. lala Says:

    Bang.. saya ingin melanjutkan S2 ke luar negeri.. Dan saya memilih perancis karena katanya lebih murah biayanya..
    yang mau saya tanyakan benarkah itu..?? trus bagaimana kah sistem perkuliahaan disana..?? karena saya sama sekali belum mengerti mengenai kuliah di perancis dan bagaimanakah perspektif nya bang..???
    terima kasih sebelumnya…

  14. OKI Says:

    DArI : Oki

    Ass wr`wb
    saya lulusan perikanan jurusan budidaya perairan dengan IPK 3.0………..dan sangat berkeinginan dapat melanjutkan studi ke jenjang Master di jurusan yang berkelanjutan, namun saya kewalahan dalam mencari informasi S2 keluar Negeri, untuk itu saya harap teman-teman dapat membantu saya dalam hal informasi
    Mohon di Email ke oktian82@yahoo.com

    wassalam

  15. myra Says:

    Bang Togap, makasih banyak, infonya. Saya pernah mencoba mengikuti program ADS, APS dan IIEF, tapi gagal terus. Kemudian saya beralih mencoba Stuned (niatnya). saya bekerja sebagai PNS, di bali. Niatnya saya mencoba melamar LLM pada Groningen University. Tapi akhirnya saya tarik ulur dengan diri saya sendiri, sampai akhirnya saya lewatkan kesempatan untuk mencoba pre-registration. Nilai toefl saya 523 dan masih kurang dari syarat pendaftaran (550), itupun nilai tes pada universitas udayana.Saya pernah menjadi asisten program doktoral Mas Ryant Nugroho di tahun 2007, bahkan beliau banyak memberikan dukungan bagi saya.
    Bang Tigor bisa kasih saya tips bagaimana menjawab /mengisi formulir pendaftaran dengan tepat, dan cerdas ? Karena saya gagalnya selalu pada seleksi awal. terima kasih sebelumnya……….

  16. syakur Says:

    bang aku mau sekolah di luar negeri gimana sih caranya. thanks

  17. verawati, S.Pd Says:

    saya lagi bingung sebab tgl 4 mei besok ada panggilan wawancara dari IIEF. kira-kira giamana agar saya tidak nervous bang togap ? trims sebelumnya. by : Bu vera, umur 31 tahun. teacher of accounting in cikarang

  18. Mhd. Irsan Nasution Says:

    Bang.. saya ingin melanjutkan S2 ke luar negeri.. terutama negara2 dgn bhs pengantar bahasa inggris, ada nggak peluang beasiswa untuk candidate dengan background swasta? dan juga peluang sambil kerja di negara tujuan?

    terima kasih sebelumnya…

  19. afthin Says:

    allow bang Togap,,,

    Jadi gini, ka2q p’nah minta informasi beasiswa k Kedutaan Turki, dan kemarin dia sudah dikirim formnya. Namun ada beberapa hal yang kurang jelas dan dia sepertinya kurang PD. Saya ingin beberapa informasi yang nantinya akan saya teruskan pada ka2k saya agar dia jadi semangat lagi.
    1. Bagaimana redaksi dari surat referensi yang diminta dari profesor?
    2. Untuk test kesehatan apakah harus dilakukan pada RS Internasional?
    Terima kasih sebelumnya, saya tunggu jawabannya

  20. Togap Siagian Says:

    To afthin:
    1. Tentang surat referensi bisa dibaca di link di bawah:
    - Tips Menulis Surat Rekomendasi
    - http://id-scholarships.blogspot.com

    2. Tes kesehatannya tidak harus di RS internasional, kecuali dipersyaratkan begitu.

  21. sandra Says:

    siang,bang..
    saya masih klas 2 SMA yg bru aj sumatif naik klas 3 SMA.. [amin naik klas!!!]
    jdi bgini, mgkin in kdengarannya trlalu dini, tapi saya dari dlu ud puny cita2 kuliah dluar ngeri, klo bsa d amrik/aussie..
    dn kmrn it sya lyt ad pnawaran beasiswa d amrik..
    syaratny simple aj, TOEFL ny hrus 600 dn bwt resume “mengapa ingin kuliah disana (amrik)?”..
    klo lolos tahap ini, akn diundang wawancara dJKT..
    nah!!!! yg jdi masalah saya tidak tw bgmana cra mnulis dn mnyampaikan pkiran sya dalam resume it shngga bsa mnarik prhatian pihak beasiswany????? jdi tlong klo bang Togap ad pgalaman atw info2 ttg ini, saya mohon d emailkn saja ke shan_cheernsmile@yahoo.co.id..
    trmakash sblumny..

  22. abdul Says:

    Langsung aja Bang…
    Saya dah dapat rekomendasi dari prof. di sebuah universitas prancis. saya apply lewat beasiswa kedutaan prancis. sampe sekarang belum ada panggilan wawancara. barangkali saya tak masuk. cuma saya ingin tahu titik kelemahannya dimana agar bisa apply lagi tahun depan. saya butuh info dari abang atau teman abang yang dapat beasiswa prancis via kedutaan.
    sebelumnya terimakasih sekali bila abang mau menjawabanya.

    tabik
    doel

  23. aprillins Says:

    modal utama adalah bahasa inggris.. heheheh
    from http://blog.aprillins.com yes this is aprillins aprillins aprillins!

  24. Egantz Says:

    Missy. . . .hehe:-Dv TTP aja ya bng?! Jdi gnie aq skrg mci kelaz 1SMA. (hehe mci kucil. . .) Tpi dri dlu q pengen bgt lanjut ke amrik ato pranciz y syukur” yg dket aja semisal australi tpi, q gag punya info apa apa ttg i2 jdi q mo minta abang bersedia kci info kalo bisa sih email ke ega_anjar14@yahoo.com sblumny trimakasi. .

  25. Joe Says:

    Sry bang togap sya mau tanya ni. Untuk beasiswa s1 (undergraduate)ke negara2 kaya prancis atau jerman nyarinya gimana si? Bisa bls ke email saya
    nyolong_boss@yahoo.co.id
    makasi ya bang mohon bantuanya

  26. Nayfu Says:

    Maaf bang T0gap,
    saya mau tanya kalo ingin tahu ttg informasi beasiswa ke luar negeri terbaru itu gimana caranya? Saya uda cri d internet tp sll aja g jelas,
    m0h0n bntuannya,
    tlg d bls segera ke email saya di iznanako@yahoo.co.id
    thanks,

  27. hilda Says:

    Gimana y caranya melamar kerja diKedutaan Asing??

  28. kandi Says:

    q lulusan SMK,pngen bngt kuliah di luar negri,tp blm bgitu mnguasai bhasa inggrs,ekonomi kbwah pula- apakah cita2 kuly keluar ngri hnya utk org brduit aja?

  29. rega widiastiti Says:

    Assalamualaikum wr wb

    Kalo ijazah lulusan SMK bisa nggak ya??? Apa harus pedidikan SMU? Karena basicnya sekolah saya kejuruan administrasi jadi apa masih ada study yang terkait dengan ini?
    Terima kasih untuk infonya, saya berharap sekali dapat melanjutkan study ke luar negri, terlebih lagi kalo itu scholarship.

  30. Juati Anisa Says:

    Dear milis beasiswa,

    Saya berencana ingin melanjutkan S2 di canada, yang ingin saya bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa agar bisa kuliah di sana ? dan apa saja yang perlu di persiapkan agar bisa menerima beasiswa di sana ? terima kasih

  31. dadang Says:

    Dear milist beasiswa,

    Saya baru saja menyelesaikan kuliah S2 di India melalui program beasiswa pemerintah india (ICCR-GCSS Scholarship). Saya berencana untuk melanjukan S3 bidang commerce, business, atau accounting di Singapore melalui jalur beasiswa juga. Kira-kira dari teman2 sekalian dan admin dapat memberikan gambaran dan informasi. email sy jatmiko2006@yahoo.co.id.

    matur nuwun,

  32. Alpen Says:

    Hi, nice article & thanks sharingnya. Yang mau kuliah di luar negeri, bisa hubungi kami di http://www.suneducationgroup.com, thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 73 other followers

%d bloggers like this: